Susenas September 2020: Dirancang Lebih Ringkas dan Sederhana - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Susenas September 2020: Dirancang Lebih Ringkas dan Sederhana

Susenas September 2020: Dirancang Lebih Ringkas dan Sederhana

October 6, 2020 | BPS Activities


Di tengah kesibukan melaksanakan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) September, BPS juga mengadakan kegiatan rutin Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang pada September tahun ini menitikberatkan pada bidang Ketahanan Sosial (Hansos). Secara nasional, Susenas September 2020 mencakup 7.500 blok sensus atau sebesar 75.000 rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi, sehingga dapat didisagregasi sampai tingkat provinsi. 7.500 blok sensus tersebut merupakan subsampel Susenas Maret 2020 (panel sampel blok sensus).

Mengingat Indonesia masih mengalami masa pandemi Covid-19, pendataan Susenas September 2020 mengalami adaptasi tertentu. Selain sampel dirancang panel BS, sampel rumah tangga juga dirancang panel mengikuti sampel Susenas Maret 2020, sehingga dampak pandemi Covid-19 dapat dipantau. BPS juga menyusun mekanisme perubahan sampel, karena bisa saja beberapa daerah berada di zona merah.

Kuesioner juga dirancang sesederhana mungkin untuk membatasi waktu petugas bertemu dengan responden. Kuesioner Konsumsi Pengeluaran (KP) dibuat ringkas dan kuesioner Modul Hansos hanya menanyakan indikator SDGs dan beberapa pertanyaan tambahan terkait proteksi sosial. Pertanyaan tambahan akan digunakan untuk menganalisis dampak Covid-19 dalam indikator-indikator yang dihasilkan.

Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para petugas lapangan di masa pandemi Covid-19 ini, BPS RI (Pusat) telah menginstruksikan supaya para petugas tetap menjaga protokol kesehatan. BPS juga menyediakan perlengkapan alat pelindung diri (APD), seperti masker dan handsanitizer/desinfektan. Selain itu, diharapkan sebaiknya wawancara dilakukan di luar rumah responden (area terbuka) dengan menjaga jarak aman dan menghindari kontak langsung dengan reponden. 

Di Kabupaten Rembang, jumlah blok sensus yang menjadi sampel sebanyak 18 blok sensus atau 180 rumah tangga. BPS Kabupaten Rembang sudah menyiapkan 16 petugas lapangan yang sudah dilatih secara daring antara tanggal 8-10 September 2020. Petugas lapangan yang ditugaskan dalam pendataan terdiri dari 10 pencacah lapangan (PCL) yang melibatkan mitra statistik dan 6 pemeriksa lapangan (PML) yang berasal dari pegawai BPS Kabupaten Rembang sendiri.

Pada awal pelaksanaan lapangan, PCL dan PML berkunjung ke kantor desa/kelurahan setempat untuk memberikan informasi tentang kegiatan Susenas September 2020, sekaligus meminta ijin untuk melaksanakan pendataan. Kemudian melakukan identifikasi keberadaan rumah tangga sampel dengan Ketua Lingkungan Setempat (RT) sebagai narasumbernya. Setelah tahapan identifikasi selesai, PCL yang berasal dari mitra statistik melakukan pendataan dan wawancara langsung terhadap rumah tangga yang menjadi sampel tersebut. Masing-masing PCL mendapatkan alokasi sebanyak 1-2 blok sensus atau sekitar 10-20 rumah tangga sampel.

Waktu pelaksanaan pendataan rumah tangga sampel Susenas September 2020 berlangsung antara tanggal 21-30 September 2020. Dengan waktu yang tersedia selama 10 hari, PCL dan PML berusaha keras untuk memenuhi target penyelesaian pendataan lapangan. Berbagai strategi dan teknik dilakukan oleh setiap PCL bersama dengan PML-nya untuk tetap menghasilkan data yang berkualitas, meskipun terkadang masih diliputi kekhawatiran terkait pandemi Covid-19.

PCL dan PML harus mengetahui posisi rumah tangga sampel, sehingga akan memudahkan saat kunjungan pendataan. Selain itu juga, mengetahui kebiasaan rumah tangga sampel. Pada beberapa rumah tangga terkadang tidak dapat dijumpai pada pagi hingga sore hari, sehingga PCL harus mengunjungi rumah tangga di kediamannya saat malam hari. Bahkan ada beberapa rumah tangga sampel yang dikunjungi hingga 4-5 kali baru dapat dilakukan wawancara, karena sering bepergian dan pulangnya tidak menentu. PCL pun kemudian meminta tolong kepada tetangga untuk dapat memberitahukan kepada rumah tangga sampel tersebut bahwa akan ada petugas Susenas yang berkunjung untuk melakukan wawancara. Pada rumah tangga-rumah tangga yang susah untuk dijumpai tersebut, PCL dan PML memang harus dapat melakukan berbagai antisipasi dan mengefisienkan waktu pendataan. Tak lupa pula PCL juga memberikan souvenir berupa handbag kepada responden, yang tentu saja disambut dengan senang hati setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan dari PCL.

Alhamdulillah, pendataan lapangan Susenas September 2020 telah berakhir dan selesai tepat waktu, di tengah-tengah para personil BPS Kabupaten Rembang juga berusaha menyelesaikan SP2020 September dan kegiatan rutin lainnya. Meskipun terdapat beberapa kendala, secara umum tahapan kegiatan identifikasi dan pencacahan Susenas September 2020 berjalan dengan baik. Seluruh rumah tangga sampel dapat dikunjungi dan PCL pun dapat melakukan wawancara secara langsung dengan responden yang mengetahui keadaan rumah tangganya. Dokumen hasil pencacahan lapangan yang sudah diselesaikan oleh PCL, kemudian diserahkan ke PML untuk diperiksa konsistensi dan kewajaran datanya.. Demikian juga untuk dokumen yang sudah diperiksa PML, diserahkan ke subbagian Tata Usaha untuk dapat dilakukan tahap editing-coding oleh seksi statistik sosial. Yang untuk selanjutnya dilakukan proses pengolahan data oleh seksi IPDS.

Terima kasih para mitra statistik yang telah melaksanakan kegiatan Susenas September 2020 di Kabupaten Rembang khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya, dan tentu saja kepada pihak-pihak yang membantu kelancaran kegiatan ini. Semoga kesehatan, keselamatan dan keberkahan selalu menyertai setiap saat dan dimanapun anda berada. Semoga COVID-19 cepat berlalu dari bumi Indonesia.

Jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan, selalu berdoa, bertawakkal dan tetap semangat... SALAM SEHAT SELALU... (FLA)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia