Pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Part 1 - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Part 1

Pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Part 1

March 28, 2022 | Other Activities


Senin (28/3), Tim Desa Cantik BPS Kabupaten Rembang melakukan kunjungan ke Desa Pandean Kecamatan Rembang dalam rangka pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Kunjungan ini sebagai tindak lanjut dari kunjungan Kepala BPS Kabupaten Rembang yang didampingi oleh Ketua Tim Pembinaan Statistik Sektoral ke Desa Pandean dan Desa Punjulharjo guna melakukan koordinasi terkait pembinaan Desa Cantik pada tanggal 15 Maret 2022. Desa Pandean dan Desa Punjulharjo adalah dua desa yang terpilih sebagai desa yang menjadi percontohan Desa Cantik di Kabupaten Rembang.

 

Saat ini desa/kelurahan merupakan wilayah administrasi terkecil dalam penyediaan data sektoral. Banyak Kementerian, Lembaga, Dinas dan Instansi yang meminta data ke desa untuk berbagai kepentingan terutama perencanaan dan evaluasi pembangunan, sehingga perlu dipersiapkan desa-desa yang mampu menyediakan data berkualitas secara mandiri.   Program Desa Cantik merupakan sebuah program pendampingan BPS kepada perangkat desa dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan perangkat desa dalam mengelola data sesuai dengan proses bisnis statistik (mulai dari penentuan kebutuhan data, konsep, definisi, metodologi, pengumpulan dan pengolahan serta penyajian data).

 

Pertemuan dihadiri oleh Kepala Desa, Kusriyanto beserta 6 orang perangkat desa dan Pembina Desa Cantik untuk Desa Pandean, Sri Rejeki dan Dinata Hindra Setiawan, dari BPS Kabupaten Rembang, dengan didampingi Ketua Tim Pembinaan Statistik Sektoral, Khaerul Anwar. Kusriyanto menyambut baik program Desa Cantik ini, berharap program ini dapat memberikan manfaat besar bagi Desa Pandean, terutama meningkatkan kemampuan perangkat desanya dalam menyediakan data statistik tingkat desa.

 

Pertemuan ini masih merupakan langkah awal perkenalan antara pembina Desa Cantik dan perangkatnya, selanjutnya akan dijadwalkan pertemuan lanjutan antara jajaran Desa Pandean dengan tim desa cantik BPS Kabupaten Rembang untuk membahas program kerja Desa Cantik berikutnya termasuk ke Desa Cantik satunya, Desa Punjulharjo.

 

Semoga kolaborasi dan sinergitas ini akan terus terjaga demi menghasilkan data yang berkualitas untuk pembangunan Kabupaten Rembang yang lebih baik.

Tetap semangat untuk mensukseskan program pembinaan sektoral Desa Cantik.

Semoga pelaksanaan pembinaan Desa Cantik di Kabupaten Rembang, khususnya di Desa Pandean dan Punjulharjo berjalan dengan lancar.

(Humas)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia