Monitoring Kualitas (MK) Pendataan SP2020 Lanjutan - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Monitoring Kualitas (MK) Pendataan SP2020 Lanjutan

Monitoring Kualitas (MK) Pendataan SP2020 Lanjutan

June 28, 2022 | BPS Activities


Menjaga kualitas data Sensus Penduduk 2020 Lanjutan saat ini menjadi perhatian serius BPS Kabupaten Rembang. Salah satu upaya yang dilakukan BPS Kabupaten Rembang dalam mengawal data tersebut adalah dengan melakukan pengawasan secara intensif. Pengawasan telah dilakukan sejak pemutakhiran rumah tangga hingga proses pendataan di lapangan. Pengawas (Kortim dan Koseka) secara aktif mendampingi, memonitoring dan mengevaluasi kinerja pencacah sehingga kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dapat dihindari sedini mungkin serta membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ditemui saat pelaksanaan lapangan, sehingga data yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas dan akurat.

 

Selain pengawasan lapangan, untuk memastikan kualitas data SP2020 Lanjutan, BPS Kabupaten Rembang melaksanakan Monitoring Kualitas (MK) Pendataan SP2020 Lanjutan. Petugas MK adalah Kepala BPS Kabupaten Rembang, Ketua Tim dan staf  dengan wilayah tugas yang tersebar di semua kecamatan. MK ini dilakukan dengan mengunjungi responden yang telah/belum didata oleh PPL, untuk memastikan bahwa petugas lapangan benar-benar telah mendata di rumah tangga terpilih atau belum, untuk memastikan petugas telah mendata sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan BPS. Selain itu dilakukan juga wawancara ulang oleh petugas MK untuk memastikan tidak ada rincian yang isiannya tidak sesuai./terlewat. Pengecekan penggunaan aplikasi Fasih dan pengisian KBLI dan KBJI juga tak luput dari pengecekan petugas MK dan ini menjadi perhatian khusus.

 

Diharapkan dengan adanya monitoring kualitas ini dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh PPL. Monitoring Kualitas ini sebagai bentuk komitmen BPS untuk menghasilkan data yang berkualitas. 

(Humas)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia