Sosialisasi Pemanfaatan Data Statistik Kesejahteraan Rakyat - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Sosialisasi Pemanfaatan Data Statistik Kesejahteraan Rakyat

Sosialisasi Pemanfaatan Data Statistik Kesejahteraan Rakyat

October 11, 2023 | Other Activities


Rembang - Hari Selasa, 10 Oktober 2023, BPS Kabupaten Rembang menggelar Sosialisasi Pemanfaatan Data Statistik Kesejahteraan Rakyat yang diselenggarakan di Fave Hotel Rembang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman agar dapat memanfaatkan data Statistik Kesejahteraan Rakyat yang bersumber dari kegiatan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) di lingkup Kabupaten Rembang. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Rembang, Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Jawa Tengah, Dinas/OPD terkait, Camat, Kepala Desa yang mendapatkan Desa Cantik, PC NU, IPHI, dan mitra terbaik kegiatan Statistik Sosial 2023 serta organik BPS Kabupaten Rembang.


Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangasaan Indonesia yang dilanjutkan dengan laporan penyelenggaraan dan sambutan oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Teguh Iman Santoso. Dalam laporan tersebut mengatakan bahwa angka kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), gini ratio, dan tingkat pengangguran mengalami perubahan yang positif dari tahun sebelumnya.


Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan sosialisasi ini berharap data dan indikator kesejahteraan rakyat yang dihasilkan dari SUSENAS agar dipergunakan secara luas dan dipandang sebagai salah satu informasi penting yang dapat berguna untuk perencanaan, monitoring, dan evaluasi program pembangunan pemerintah, dan penting bagi kelangsungan pembangunan serta kesejahteraan bangsa. Demikian halnya dengan data dan indikator dari Sakernas. Awareness atau kepedulian semua pihak perlu dikuatkan dalam pelaksanaan maupun pemanfaatannya .


Pada acara penyajian materi sosialisasi, disampaikan materi tentang Pemanfaatan Data Statistik Kesejahteraan Rakyat dan Profil Kemiskinan Rembang oleh Ketua Tim Sosial 2, Faisal Luthfi Arief. Dalam paparan tersebut disajikan data-data hasil Susenas dan pemanfaatannya, antara lain data kependudukan, pendidikan, kesehatan, perumahan dan kemiskinan. Selain itu, juga disampaikan paparan Profil Ketenagakerjaan Kabupaten Rembang berdasarkan hasil dari Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) oleh Ketua Tim Sosial 1 Herhardana. Penyajian paparan ini dimoderatori oleh Ketua Tim Nerwilis 1 Miyan Andi Irawan.


Dalam penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Data Statistik Kesejahteraan Rakyat juga dilaksanakan penyerahan sertifikat tanah hibah dari Pemkab Rembang yang disampaikan oleh Bupati Rembang kepada BPS Kabupaten Rembang, PC NU dan IPHI. Dilanjutkan penyerahan penghargaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Tahun 2022 kepada 3 desa, yaitu Desa Pasar Banggi, Pandean dan Punjulharjo.


Selain itu juga diberikan penghargaan mitra terbaik di kegiatan Statistik Sosial 2023 kepada Mujiono yang berasal dari Kecamatan Sale dan Sri Nofitasari dari Kecamatan Pamotan. Dengan adanya penghargaan tersebut, diharapkan 2 orang mitra terbaik ini dapat menjadi contoh teladan bagi mitra statistik lainnya untuk meningkatkan loyalitas dan kinerjanya yang baik sesuai SOP dan berdedikasi tinggi. (Tim Humas)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia