SELEKSI WAWANCARA CALON PETUGAS SUSENAS MARET DAN SERUTI TAHUN 2024 - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

SELEKSI WAWANCARA CALON PETUGAS SUSENAS MARET DAN SERUTI TAHUN 2024

SELEKSI WAWANCARA CALON PETUGAS SUSENAS MARET DAN SERUTI TAHUN 2024

January 12, 2024 | BPS Activities


Rembang – BPS Kabupaten Rembang menggelar seleksi wawancara calon petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2024 dan Survei Rumah Tangga Triwulanan (Seruti) 2024 pada tanggal 8-10 Januari 2024 di aula BPS Kabupaten Rembang. Calon petugas yang dipanggil adalah mitra statistik yang sudah lolos dan masuk dalam database mitra hasil Rekrutmen Mitra Statistik 2024.


Calon petugas yang dipanggil untuk mengikuti seleksi wawancara sebanyak 58 orang mitra, sedangkan alokasi jumlah petugas Susenas Maret dan Seruti 2024 untuk mitra sebanyak 57 orang. Dalam wawancara tersebut, calon petugas antara lain diuji tentang seberapa besar keinginan dan motivasi untuk terlibat dalam kegiatan Susenas Maret dan Seruti 2024, kesiapan mental dan fisik, serta kemauan untuk bekerja secara sungguh-sungguh sesuai Standart Operational Prosedur (SOP) kegiatan Susenas dan Seruti, serta aturan yang diterapkan di BPS Kabupaten Rembang. Dari 58 peserta seleksi wawancara, seluruhnya dinyatakan lulus menjadi calon petugas Susenas Maret dan Seruti 2024.


Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) merupakan salah satu survei utama yang menghasilkan data yang dibutuhkan pemerintah untuk mengimplementasikan pembangunan nasional agar sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan tujuan pembangunan internasional (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/SDGs). Melalui Susenas, dapat diperoleh potret kemajuan pembangunan masyarakat bidang sosial dan ekonomi.


Kuesioner yang digunakan dalam kegiatan Susenas adalah Daftar VSEN24.K dan Daftar VSEN24.KP. Jenis data yang dikumpulkan dalam Daftar VSEN24.K mencakup keterangan demografi, keterangan dokumen kependudukan, keterangan migrasi, pendidikan, keterangan kepemilikan tabungan, inklusi keuangan dan ketenagakerjaan, serta keterangan teknologi informasi dan komunikasi, keterangan bepergian, keterangan korban kejahatan, keterangan gangguan fungsional, keterangan keluhan kesehatan dan rawat jalan, keterangan rawat inap, merokok, keterangan imunisasi, ASI, dan MP-ASI, keterangan penolong persalinan, keluarga berencana, akses terhadap makanan, keterangan perumahan, keterangan akses terhadap layanan keuangan, keterangan kepemilikan barang, keterangan sumber penghasilan rumah tangga. keterangan perlindungan sosial, serta keterangan migrasi keluar internasional.


Jenis data yang dikumpulkan dalam daftar VSEN24.KP mencakup keterangan tentang kuantitas dan nilai konsumsi/pengeluaran makanan, minuman dan rokok seminggu terakhir, keterangan tentang pengeluaran untuk barang-barang bukan makanan selama sebulan dan setahun terakhir, keterangan rekapitulasi pengeluaran, serta keterangan tentang pendapatan. penerimaan. dan pengeluaran bukan konsumsi selama setahun terakhir.


Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti) merupakan survei berbasis rumah tangga yang merupakan integrasi tiga survei, yaitu Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga Triwulanan (SKKRT), dan Survei Khusus Tabungan dan Investasi Rumah tangga (SKTIR) yang bertujuan untuk mengurangi duplikasi kegiatan dan meningkatkan efisiensi, serta menghasilkan data statistik ekonomi rumah tangga yang lebih berkualitas. Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti) dirancang dalam rangka menyusun indikator ekonomi rumah tangga secara triwulanan. Kegiatan Seruti merupakan kegiatan yang terintegrasi dengan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada bulan Maret Tahun 2024, dimana sampel Seruti adalah dependen (sama) dengan sebagian sampel Susenas.


Secara nasional, jumlah sampel Susenas Maret 2024 adalah 345.000 rumah tangga. Pada setiap blok sensus terpilih dilakukan pemilihan sampel sebanyak 10 rumah tangga sehingga diperlukan sampel sebanyak 34.500 blok sensus. Di Kabupaten Rembang, jumlah sampelnya sebanyak 790 rumah tangga yang didata pada 79 blok sensus yang tersebar di seluruh 14 Kecamatan.


Dengan dilaksanakannya seleksi wawancara tersebut, harapannya adalah mendapatkan petugas lapangan yang berkualitas dan terbaik dalam melaksanakan kegiatan survei ini. Dan untuk menambah kompetensi para calon petugas tersebut akan diberikan materi Susenas Maret dan Seruti 2024 dalam pelatihan petugas yang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2024, sehingga dapat menghasilkan data yang baik dan berkualitas.


Semoga kegiatan Susenas Maret dan Seruti 2024 yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan baik dan lancer, termasuk di Kabupaten Rembang. Salam sehat selalu. (Tim Sosial 2-ddk)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia