BPS REMBANG GELAR UPDATING DIREKTORI PASAR, PASAR DI REMBANG JADI SASARAN PENDATAAN - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

BPS REMBANG GELAR UPDATING DIREKTORI PASAR, PASAR DI REMBANG JADI SASARAN PENDATAAN

BPS REMBANG GELAR UPDATING DIREKTORI PASAR, PASAR DI REMBANG JADI SASARAN PENDATAAN

June 23, 2024 | BPS Activities


Rembang – Salah satu faktor fundamental yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi adalah adanya pasar yang menunjukkan kapasitas untuk beroperasi secara efektif baik di perdesaan maupun perkotaan, maka perlu disusun direktori pasar yang lengkap dan mutakhir.

 


BPS Kabupaten Rembang pada pertengahan Mei dan berakhir pertengahan Juli 2024 menggelar Updating Direktori Pasar (UDP) 2024. Ruang lingkup yang menjadi cakupan dalam kegiatan ini adalah seluruh pasar dan pusat perdagangan yang berada di Kabupaten Rembang. Pasar yang menjadi cakupan dalam kegiatan UDP 2024 adalah pasar rakyat yang memiliki bangunan permanen maupun semi permanen dan terdapat pengelola pasar, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah/BUMD, swasta maupun perorangan. Identifikasi awal direktori pasar permanen dan semi permanen yang terdapat pengelola pasar berjumlah 45 unit yang tersebar disemua Kecamatan di Kabupaten Rembang, sehingga apabila ditemukan  pasar yang belum tercakup dalam direktori awal dan memenuhi syarat cakupan UDP 2024, dapat ditambahkan ke dalam direktori pasar yang baru.

 

Ketua Tim Distribusi 2 BPS Kabupaten Rembang, Wahyu Sri Lestari menyampaikan, tujuan dari updating direktori pasar adalah mendapatkan frame pasar yang mutakhir terdiri dari nama dan alamat pasar rakyat, mendapatkan jumlah pasar menurut tipenya, dan mendapatkan informasi profil umum pasar dan karakteristik pengelola pasar.

 


“Jumlah petugas lapangan (PCL) yang melaksanakan pendataan Updating Direktori Pasar (UDP) 2024 berjumlah 13 orang dan pemeriksa lapangan (PML) 1 orang semuanya adalah Pegawai Organik BPS Rembang,” jelasnya.

 


"Selain itu, Updating Direktori Pasar salah satu fungsinya digunakan sebagai bahan pertimbangan Pemerintah dalam Pembangunan antar wilayah, sehingga pemutakhiran direktori pasar ini sangatlah penting dan bermanfaat, sehingga pengelola pasar diharapkan bersedia memberikan keterangan sesuai keadaan kepada petugas lapangan saat diwawancarai", imbuh Wahyu.

 


Pendataan Updating Direktori Pasar (UDP) petugas lapangan (PCL) menggunakan aplikasi berbasis android digital yaitu FASIH MOBILE  sehingga dalam melaksanakan wawancara dapat mudah dan dipahami petugas, juga mendapatkan geotagging lokasi tempat pasarnya sehingga nantinya data direktori pasar dapat mudah diakses tempatnya.

 


Keberadaan pasar sebagai gambaran konsentrasi kegiatan ekonomi akan menjadi bahan penyusunan strategi perencanaan hingga pelaksanaan lapangan Sensus Ekonomi 2026. Bagi Pengelola Pasar yang ada di Kabupaten Rembang terimalah petugas kami saat melaksanakan tugas Updating Direktori Pasar (UDP) 2024 , jawab sesuai kondisi sebenarnya.  

 

Penulis : Didik Permono (Humas 3317)

Editor : Wahyu Sri Lestari (Ketua Tim Distribusi 2 )

 

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia