Rapat Koordinasi Persiapan Updating PODES 2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Rapat Koordinasi Persiapan Updating PODES 2020

Rapat Koordinasi Persiapan Updating PODES 2020

15 Juni 2020 | Kegiatan Statistik


Potensi Desa (PODES) sebagai satu-satunya basis data kewilayahan sampai dengan tingkat desa/kelurahan. Podes 2020 mampu menjadi ujung tombak pembangunan desa/kelurahan yang dapat diandalkan di seluruh Indonesia.

 

Guna mempersiapkan pelaksanaan Updating PODES 2020, BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Updating PODES 2020 dengan petugas Updating PODES 2020 pada Senin tanggal 15 Juni 2020 di Aula BPS Kabupaten Rembang.

 

Sehubungan masih dalam masa pandemi COVID-19 dan sebagai bentuk kewaspadaan pencegahan penularan COVID-19, rapat dilaksanakan secara daring yaitu melalui Zoom Meeting. Rapat koordinasi ini merupakan salah satu tahapan persiapan (pengganti dari kegiatan pelatihan/briefing) yang strategis dalam kegiatan PODES 2020.  Zoom Meeting dilaksanakan untuk petugas organik sedangkan petugas dari mitra statistik dilaksanakan dengan tatap muka langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19, yaitu memakai masker, cuci tangan dengan sabun/handsanitizer dan tetap jaga jarak aman dengan petugas maupun pegawai lainnya. Dengan adanya sistem daring sebagai pengganti pelatihan ini diharapkan akan efektif membekali para petugas.

 

Rapat koordinasi ini dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Henri Wagiyanto, S.Pt, M.Ec.Dev, MA dengan didampingi Kasi Statistik Sosial, Khaerul Anwar, SST dan Instruktur Faisal Lutfi Arief, SST.

 

Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya kegiatan updating Podes 2020. Pelaksanaan Updating PODES 2020 serentak dilaksanakan pada bulan Juni 2020 (15 Juni - 17 Juli 2020) dengan melibatkan petugas pegawai BPS dan mitra statistik. Kegiatan upating PODES 2020 hanya mendata seluruh wilayah desa/kelurahan saja dengan respondennya adalah Kepala Desa/Lurah atau perangkat desa yang mewakili. Diharapkan responden dapat memberikan jawaban secara benar mengingat pentingnya data yang akan dihasilkan bagi pembangunan.

 

Updating PODES 2020 merupakan kegiatan Program Prioritas Nasional karena akan digunakan untuk mendukung sasaran pembangunan. Manfaat data Podes selain untuk melengkapi Daerah Dalam Angka (DDA) Kabupaten, data Podes juga digunakan untuk menghitung Indek Kesulitan Geografis (IKG) dan Indek Pembangunan Desa (IPD). Kedua indikator tersebut (IKG dan IPD, red) merupakan indikator yang cukup kuat untuk mengetahui perkembangan desa. Data Podes juga sebagai rujukan pemerintah dalam program pengentasan stunting yang saat ini merupakan isu penting terkait kualitas manusia.

 

Dalam acara ini petugas juga diberikan pembekalan materi yang tujuannya untuk merefresh kembali materi-materi yang sudah pernah disampaikan pada PODES 2019, utamanya terkait konsep definisi dan penegasan-penegasan lainnya. Diharapkan petugas mampu melaksanakan pendataan dengan benar dan lengkap sesuai dengan konsep definisi yang telah diajarkan dan jadwal yang harus dipatuhi.  

 

Semoga pelaksanaan Updating PODES 2020 di Kabupaten Rembang berjalan dengan lancar. Petugas dapat menjalankan tugasnya dengan lancar, sesuai Standard Operating Procedure (SOP) dan tepat waktu, sehingga data yang dihasilkan lebih baik dan berkualitas. Oleh karena itu mari kita dukung dan sukseskan Pemutakhiran Data Potensi Desa (PODES) 2020 di tengah Pandemi COVID-19. Semoga petugas Updating PODES 2020 dimudahkan dalam melaksanakan tugasnya. Tetap Semangat, jaga kesehatan dan keselamatan yaa. (Jq)

 


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik