Workshop Online “Berkenalan dengan R dan Packages Regresi Data Panel” - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Workshop Online “Berkenalan dengan R dan Packages Regresi Data Panel”

Workshop Online “Berkenalan dengan R dan Packages Regresi Data Panel”

3 Juli 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


Alhamdulillah Workshop Online dengan Tema “Berkenalan dengan R dan Packages Regresi Data Panel” yang diselenggarakan BPS Kabupaten Rembang tanggal 3 Juli 2020 telah berlangsung dengan baik dan lancar.  Dalam acara tersebut menghadirkan Kepala BPS Kabupaten Rembang, Henri Wagiyanto, S.Pt, M.Ec.Dev, MA yang berkenan memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara  Workshop Online ini. Sebagai narasumber, Suci Ismadyaliana, SST, MM dan dimoderatori oleh Sri Rejeki, SST, MM.

 

Antusiasme peserta workshop cukup besar, ada sekitar 400an peserta (pembatasan quota peserta) hadir dalam acara tersebut baik melalui aplikasi zoom maupun channel youtube BPS Kabupaten Rembang. Peserta tidak hanya dari kalangan ASN-BPS saja tetapi ASN luar BPS, Akademisi, analis, BUMN/BUMD, swasta dan mahasiswa.

 

Di awal pemaparan materi, narasumber menjelaskan atau memperkenalkan istilah “R” dan “R-Studio”. R adalah bahasa pemprograman dan sofware yang dirancang khusus untuk analisa statistik. Sedangkan R-Studio adalah IDE untuk R yang akan mempermudah penggunaan R. Setelah narasumber dengan detail menjelaskan dan memperkenalkan “R” selanjutnya narasumber menjelaskan cara pengolahan regresi data panel dengan R-Studio. Pada data panel terdapat 3 pilihan model yaitu PLS, FEM dan REM.

 

Semoga materi yang disampaikan narasumber memberikan manfaat yang luas dan dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) BPS secara menyeluruh, mudah dipahami oleh peserta dan menjadikan kunci kesuksesan literasi kajian statistika ini.

 

Terima kasih atas atensi dan antusiasme para peserta dalam mengikuti workshop online ini. Terima kasih kepada Bapak Kepala BPS Kabupaten Rembang yang telah memberikan support atas terlaksananya acara ini. Terima kasih juga kepada narasumber, moderator dan panitia dalam penyelenggaraan workshop online. Mohon maaf jika dalam penyelenggaraan perdana ini masih belum sempurna. Semoga kedepan BPS Kabupaten Rembang masih dapat menyelenggarakan kembali kegiatan serupa dengan tema-tema yang lebih menarik lagi.  (Jq)

 


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik