Ujicoba SITASI/AGRIS - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Ujicoba SITASI/AGRIS

Ujicoba SITASI/AGRIS

20 Juli 2020 | Kegiatan Statistik


Dalam rangka memenuhi kebutuhan data pertanian berkelanjutan maka Badan Pusat Statistik (BPS) untuk pertama kalinya akan melaksanakan Survei Pertanian Terintegrasi (SITASI)/ Agricultural Integrated Survey (AGRIS).

 

AGRIS/SITASI merupakan terobosan dan inovasi dalam menyediakan data statistik pertanian-pedesaan di Indonesia, khususnya dalam mendukung penghitungan indikator  SDGs Pertanian di Indonesia.

 

AGRIS/SITASI mengkombinasikan kuesioner kor dan modul untuk memotret sektor pertanian secara detail, terintegrasi, dan komprehensif di tahun-tahun antar sensus. Kuesioner kor diimplementasikan setiap tahun untuk menangkap informasi pokok, sementara kuesioner modul dirotasi untuk memotret sektor pertanian secara tematik.

 

Tahun ini, BPS telah melaksanakan uji coba kegiatan bernama Survei Pertanian Terintegrasi (SITASI) atau Agricultural Integrated Survey (AGRIS) dan berencana akan melaksanakan Survei Pertanian Terintegrasi (SITASI/AGRIS) untuk pertama kalinya pada Tahun 2021 sesuai rekomendasi FAO.

 

SITASI yang rencananya akan diadakan rutin setiap tahun bertujuan untuk merespon kebutuhan data pertanian dan pedesaan yang tepat waktu, lebih baik, dan berbiaya yang efektif. SITASI akan memberikan data yang lebih baik untuk memonitor tujuan pembangunan pertanian dan memperbaiki kebijakan pertanian.

 

Diharapkan dengan hadirnya SITASI/AGRIS dapat menjadi titik awal bagi ketersediaan sistem data berkelanjutan untuk statistik pertanian dan pedesaan di Indonesia. Lebih dari itu, SITASI/AGRIS juga dimaksudkan sebagai langkah awal menuju era baru Sensus Pertanian berstandar internasional yang akan dilaksanakan pada Tahun 2023.

 

Saat ini, SITASI/AGRIS sedang dalam tahap persiapan uji coba yang akan dilaksanakan di tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapai tujuan SITASI/AGRIS, pelaksanaannya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah pusat dan daerah, kementerian/lembaga terkait, dan lembaga internasional. Hal ini sangat penting untuk menegaskan bahwa SITASI/AGRIS merupakan salah satu kegiatan nasional yang penting dan mendesak untuk diimplementasikan dalam mendukung dashboard monitoring pembangunan pertanian dan SDGs di Indonesia.

 

Kabupaten Rembang siap mensukseskan SITASI/AGRIS

(Jq)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik