Sosialisasi Metadata Statistik - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Sosialisasi Metadata Statistik

Sosialisasi Metadata Statistik

25 Agustus 2021 | Kegiatan Statistik


Pada masa sekarang ini keberadaan data menjadi sangat penting. Data digunakan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi dalam setiap kegiatan. Dalam pembangunan di daerah, untuk mengukur tingkat keberhasilan pembangunan ditunjukkan dengan data yang menjadi indikator-indikator pembangunan.

Bagi pemerintah daerah kabupaten, kebutuhan akan data dapat dipenuhi dari data sektoral yang dihasilkan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam menghasilkan data sektoral untuk keperluan pembangunan di daerah dibutuhkan data yang berkualitas. Dengan demikian diperlukan metode yang tepat untuk mendapatkan data berkulitas tersebut. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh OPD untuk menghasilkan data berkulitas adalah dengan membuat metadata statistik. Bagi OPD di Kabupaten Rembang, untuk penggunaan metadata statistik dalam menghasilkan data berkulitas merupakan hal baru.

Dalam rangka mendukung terwujudnya data berkualitas di Kabupaten Rembang, BPS Kabupaten Rembang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rembang menyelenggarakan Sosialisasi Metadata Statistik kepada seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Rembang. Kegiatan Sosialisasi Metadata Statistik ini diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2021 melalui virtual zoom meeting pada pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Sosialisasi Metadata Statistik dimulai dengan sambutan dan pengarahan dari Kepala BPS Kabupaten Rembang serta dilanjutkan oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Rembang yang sekaligus membuka acara Sosialisasi Metadata Statistik. Materi Sosialisasi Metadata Statistik disampaikan oleh Khaerul Anwar selaku Koordinator Fungsi IPDS dan dilanjutkan dengan pengoperasian aplikasi OMAE (Optimalisasi Metadata secara Elektronik) oleh Sukaryo (Pranata Komputer Penyelia).

Setelah acara Sosialisasi Metadata Statistik ini diharapkan setiap OPD memahami pentingnya data sektoral dan metadata statistik untuk setiap data yang dihasilkan oleh OPD masing-masing. Sedangkan terkait dengan aplikasi OMAE, BPS Kabupaten Rembang akan melakukan pendampingan terhadap pengisian metadata statistik secara elektronik. (ipds)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik