Rapat Evaluasi Hasil Survei Biaya Hidup 2022 (SBH2022) Triwulan I & II - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Rapat Evaluasi Hasil Survei Biaya Hidup 2022 (SBH2022) Triwulan I & II

Rapat Evaluasi Hasil Survei Biaya Hidup 2022 (SBH2022) Triwulan I & II

23 November 2022 | Kegiatan Statistik


Rabu, 23 November 2022 BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan Rapat Evaluasi Hasil Survei Biaya Hidup 2022 (SBH2022) Triwulan I dan II di Pollos Hotel & Gallery Rembang. Acara dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Teguh Iman Santoso, dan dihadiri seluruh petugas SBH 2022. Penyampaian evaluasi dipandu oleh Winarso dari tim kerja statistik Distribusi BPS Kabupaten Rembang.

 

Rapat evaluasi ini dilaksanakan setelah selesainya kegiatan lapangan di Triwulan I dan II. Tujuan utamanya adalah untuk mengevaluasi hasil lapangan, baik di triwulan I maupun II dan memastikan agar kegiatan lapangan triwulan berikutnya semakin lebih baik lagi.

 

Dalam sambutannya, Kepala BPS Kabupaten Rembang menyampaikan bahwa Kabupaten Rembang menjadi salah satu kabupaten yang mengadakan Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2022. Survei ini merupakan survei pengeluaran konsumsi rumah tangga di daerah perkotaan dan pedesaan untuk mendapatkan pola konsumsi masyarakat, yang digunakan sebagai bahan penyusunan diagram timbang dan paket komoditas yang baru dalam penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK). Beliau juga menyampaikan pentingnya data inflasi dan kualitas data yang ditentukan oleh kualitas data SBH yang saat ini sedang dikumpulkan. Harapannya petugas lebih menggali informasi terkait paket komoditas barang yang dikonsumsi rumah tangga dan juga kewajaran jumlah konsumsinya.

 

Selanjutnya evaluasi hasil SBH triwulan I dan II disampaikan oleh Winarso. Dalam evaluasi ditampilkan paket komoditas sementara berdasarkan data triwulan I dan triwulan II tahun 2022. Secara teknis evaluasi membahas optimalisasi kualitas data SBH 2022, penanganan error, baik di lapangan maupun pengolahan serta tools yang bisa mempermudah perbaikannya.

 

Harapannya SBH 2022 di Kabupaten Rembang mampu menyediakan data IHK sebagai dasar perhitungan inflasi/deflasi yang merupakan indikator ekonomi penting dalam penentuan kebijakan pemerintah. Dengan pendataan yang tepat dan akurat diharapkan tujuan SBH 2022 dapat tercapai dengan baik.

(Humas)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik