BPS Rembang Gelar Survei Harga Perdesaan 2024, Pedagang dan Produsen Jadi Responden - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

BPS Rembang Gelar Survei Harga Perdesaan 2024, Pedagang dan Produsen Jadi Responden

BPS Rembang Gelar Survei Harga Perdesaan 2024, Pedagang dan Produsen Jadi Responden

10 Mei 2024 | Kegiatan Statistik


Rembang – Survei Harga Perdesaan (SHPed) dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) secara rutin setiap bulan. Survei ini meliputi pemantauan perkembangan harga komoditas hasil pertanian beserta harga faktor-faktor produksi yang digunakan petani dari sisi produksi dan pemantauan perkembangan harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga di wilayah perdesaan.

 

Survei terdiri dari dua kuesioner, yaitu HKD (Harga Konsumen Perdesaan) yang dilaksanakan pada tanggal 10-14 tiap bulan dan Harga Produsen Perdesaan yang dilakukan pada tanggal 15-18 tiap bulannya.

 

Pada kuesioner Konsumen (HKD) ditujukan pada responden pedagang di Pasar dan sekitaran Pasar. Sementara kuesioner produsen (HD) ditanyakan pada produsen pertanian dan peternakan serta perikanan. Jumlah Petugas sebanyak 7 orang pencacah mitra statistik yang mayoritas merupakan perempuan dan sampel responden khusus di Kabupaten Rembang tersebar di 9 kecamatan .

 

Pemantauan perkembangan harga barang dan jasa dari kedua sisi ini dimanfaatkan guna penghitungan NTP berupa Indeks Harga yang Diterima oleh Petani (It) dan Indeks Harga yang Dibayar oleh Petani (Ib). Selain itu, pemantauan perkembangan harga barang dan jasa dari sisi konsumsi berguna untuk membangun Indeks Harga Konsumsi Rumah Tangga (IKRT) yang digunakan dalam penghitungan tingkat inflasi atau deflasi di wilayah perdesaan. (Tim Distribusi 1/NND)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik