Songsong Sensus Ekonomi 2026, BPS Rembang Sosialisasi Pendataan Potensi Desa - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Songsong Sensus Ekonomi 2026, BPS Rembang Sosialisasi Pendataan Potensi Desa

Songsong Sensus Ekonomi 2026, BPS Rembang Sosialisasi Pendataan Potensi Desa

17 Mei 2024 | Kegiatan Statistik


Rembang - Kepala BPS Kabupaten Rembang, Teguh Iman Santoso, didampingi Pranata Ahli Muda/Koordinator IPDS, Khaerul Anwar, dan beberapa Penanggung Jawab Kecamatan menyambangi kediaman Kepala Desa  Karanganyar Kecamatan Kragan dalam rangka sosialisasi kegiatan Pendataan Potensi Desa (PODES) 2024 bersamaan dengan jadwal Rapat Koordinasi Kepala Desa se-Kecamatan Kragan, Selasa pagi (14/05/2024).

 

Kehadiran rombongan Kepala BPS Kabupaten Rembang disambut langsung oleh Camat Kragan, Nurwanto, bersama Kepala Seksi Pemerintahan.

 

Teguh menjelaskan, jika kehadirannya bersama jajaran guna menyampaikan kegiatan pendataan PODES 2024 yang ada di Kabupaten Rembang, khususnya Kecamatan Kragan, yang jumlah desanya sebanyak 27 desa.

 

"Penekanannya terkait ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di desa, serta lebih jauh potensi apa saja yang ada di sejumlah desa tersebut, mulai dari sektor pariwisata, fasilitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi maupun hal lain yang dimiliki oleh desa," terangnya.

"BPS Kabupaten Rembang berterima kasih banyak kepada seluruh Kepala Desa yang sudah membantu pelaksanaan Regsosek 2022, FKP Hasil Regsosek dan Sensus Pertanian 2023 (ST2023). Selanjutnya BPS Kabupaten Rembang juga mengharapkan dukungan dalam kegiatan Pendataan PODES 2024 ini karena pendataan tersebut menghasilkan 2 indikator yang sangat penting, yaitu IKG (Indeks Kesulitan Geografis) dan ID (Indeks Desa), mencakup variabel fasilitas pendidikan, kesehatan, ekonomi, agama, dan infrastruktur suatu desa, dibandingkan PODES 2021".

 

"Selain itu, PODES 2024 juga dilaksanakan dalam rangka persiapan kegiatan Sensus Ekonomi 2026 (SE 2026)." ungkap Teguh.

 

Camat Kragan, Nurwanto, menyatakan akan mendukung penuh langkah BPS Kabupaten Rembang dalam pelaksanaan Pendataan PODES 2024. Kami bersyukur BPS Kabupaten Rembang, bersedia memberikan pendampingan sekaligus melakukan pendataan PODES di kecamatannya.

 

Nurwanto juga berharap "Ada sharing informasi antara pemerintah kecamatan dengan BPS Kabupaten Rembang terkait hasil PODES nanti. Sehingga bisa dijadikan acuan untuk melakukan pengembangan desa dan bisa digunakan dalam penyusunan indikator pemutakhiran ADD (Anggaran Dana Desa) ke depan," terangnya dihadapan seluruh Kepala Desa yang hadir di kediaman Kepala Desa Karanganyar."

 

"Saya akan intruksikan seluruh jajaran, khususnya Kepala Desa untuk mendukung program ini secara utuh dan memberikan pelayanan penuh kepada petugas PODES yang telah ditugaskan oleh BPS," tutupnya.

 

Di penghujung acara, Kepala BPS Kabupaten Rembang menyampaikan harapan ke seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Kragan untuk kerjasamanya dan memberikan data apa adanya tentang potensi-potensi yang ada di desanya demi kemajuan desa di masa depan.

 

Penulis: Didik Permon

Editor : Faisal Lutfi

 

 (Humas BPS 3317)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik