Editing Coding, Saringan Akhir Untuk Data Berkualitas - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Editing Coding, Saringan Akhir Untuk Data Berkualitas

Editing Coding, Saringan Akhir Untuk Data Berkualitas

June 10, 2016 | BPS Activities


                Syukur Alhamdulillah pelaksanaan listing SE2016 di Kabupaten Rembang dapat terselesaikan tepat waktu. Sampai dengan tanggal  28 Mei 2016, pencacahan di 978 blok sensus sampel sudah selesai dan dokumen hasil pencacahan sudah terkumpul di kantor BPS Kabupaten Rembang. Meski demikian, sampai dengan tanggal 15 Juni 2016 mendatang, penyisiran usaha tetap di laksanakan untuk memastikan tidak lewat cacah usaha yang ada. Penyisiran di laksanakan untuk usaha-usaha yang khusus buka di pagi atau di malam hari (pedagang kaki lima, ojek, dll) atau usaha yang buka pada momen-momen tertentu, seperti acara car free day, dll. Penyisiran juga dilakukan dengan mengidentifikasi selisih jumlah usaha hasil listing yang baru saja dilaksanakan dengan usaha hasil Sensus Penduduk 2010 di tiap blok sensus yang bersesuaian. Untuk blok sensus dengan jumlah usaha di 2016 yang berkurang banyak, akan didatangi kembali oleh petugas dengan merujuk pada preprinted hasil SP2010. Kunjungan ulang dimaksudkan untuk memastikan keberadaan usaha di tiap rumah tangga hasil SP2010 disesuaikan dengan hasil listing SE2016.

                Sembari menunggu hasil penyisiran, tahapan selanjutnya dari kegiatan SE2016 yaitu editing dan coding sudah mulai di laksanakan. Pada tanggal 6 Juni 2016, dilaksanakan pelatihan petugas edit di aula BPS Kabupaten Rembang. Materi dari kegiatan tersebut adalah pengolahan RBL dan tata cara editing coding. Penekanan dari editing coding diantaranya adalah kesesuaian daftar L1 dan L2, L1.P dan L2.P, pemberian kode KBLI, konsistensi dan kewajaran isian. Editing coding akan dilaksanakan selama bulan Juni 2016 untuk selanjutnya di kirim ke pusat pengolahan provinsi untuk pengolahan lebih lanjut. Yang menjadi petugas editing coding adalah semua pegawai organik BPS Kabupaten Rembang yang dalam pelaksanaannya di pandu oleh pejabat struktural yang ada, sebagai supervisor edit. Kegiatan editing coding dilaksanakan kurang lebih selama 4 jam tiap harinya di aula kantor. Untuk meningkatkan kualias hasil edit, secara rutin pejabat struktural memberikan evaluai hasil edit sebagai pedoman dalam proses edit berikutnya.

                Pada akhirnya, dokumen hasil pencacahan yang sudah diperiksa oleh pengawas dan penjaminan kualitas, kemudian di edit oleh petugas yang ber kompeten serta diawasi oleh pejabat struktural di BPS Kabupaten Rembang, akan mendapatkan hasil SE2016 di Kabupaten Rembang yang berkualitas. MARI DUKUNG DAN SUKSESKAN SE2016, untuk ekonomi Indonesia yang lebih baik. (CAR).

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia