Kesabaran dan Keikhlasan memaknai Hari Raya Idul Adha 1438 H - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Kesabaran dan Keikhlasan memaknai Hari Raya Idul Adha 1438 H

Kesabaran dan Keikhlasan memaknai  Hari Raya Idul Adha 1438 H

September 4, 2017 | Other Activities


Hari Raya Idul Adha adalah hari besar keagamaan yang selalu dinantikan oleh umat muslim.

Waktu yang bertepatan dengan datangnya  musin haji ini harus kita syukuri karena atas rahmat dan karunia-NYA kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan hari Raya Idul Adha 1438 H kali ini.  Berbagai kebaikan ada di Hari Raya Idul Adha, pelaksanaan sholat Ied dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

Takbir, Tahlil, dan Tahmid terus berkumandang pertanda rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dua ibadah yang identik dengan Hari Raya Idul Adha adalah penyembelihan hewan qurban dan pelaksanaan ibadah haji. Kedua ibadah ini mengandung nilai kebaikan dan menjadi bukti pengorbanan yang didasari dengan rasa keikhlasan dan kesabaran. Karena orang yang ikhlas dan bersabar menggantungkan harapan dan tujuannya hanya untuk Allah semata dan hanya untuk mengharap ridloNYA. Dan orang-orang yang sabar adalah orang yang akan memperoleh kemenangan.

Berqurban sangat dianjurkan kepada seluruh umat islam yang berkemampuan secara ekonomi. Qurban berawal dari sejarah Nabi Ibrahim yang mendapat perintah dari Allah SWT melalui mimpi untuk mengorbankan puteranya, Ismail dengan cara disembelih. Berbekal keimanan, Ibrahim pun melaksanakan perintah tersebut tanpa ragu. Atas kebesaran Allah SWT sebelum Nabi Ibrahim menyembelih Ismail, malaikat membawakan seekor domba dari syurga sebagai ganti Ismail.

Hikmah dari ujian Allah SWT kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail adalah keikhlasan. Keikhlasan merupakan kunci memperoleh ridha Allah dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Sebuah kesia-siaan belaka apabila ibadah yang seseorang lakukan tanpa didasari dengan keikhlasan. Qurban berarti mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui hewan ternak yang diqurbankan atau disembelih.

Selain qurban, ibadah haji merupakan kewajiban bagi umat islam yang mampu secara finansial. Ibadah haji siap mengorbankan harta benda yang dimiliki sebagai wujud rasa syukur atas nikmat sehat, harta untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, sekaligus mengajarkan untuk menjauhi sifat kikir, tamak dan cinta kekayaan/materi.

Melalui qurban manusia diajarkan berbagi kepada orang lain yang kurang mampu. Diajarkan keikhlasan dan ketabahan, diuji dari sifat rakus, tamak akan harta duniawi dan kikir (pelit).

Berqurban memiliki manfaat, memupuk rasa empati, meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesame. Melatih diri menjadi orang dermawan, meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT yang akan menjadi bekal di hari akhir kelak, keberkahan rezeki, membangun rasa solidaritas, menjauhi permusuhan dan janganlah menghasut (memecah belah) sesama muslim serta menjauhi segala bentuk kedzaliman yang pada akhirnya akan merusak jiwa manusia dan dapat menimbulkan penyakit hati pada diri manusia itu sendiri. Dengan kesabaran dan keikhlasan serta keyakinan yang kuat inshaallah pada akhirnya dapat membentuk akhlak manusia menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa.

Marilah kita bersama-sama saling mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan ukhuwah islamiyah serta meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk menggapai ridho-Nya. Semoga contoh indah dari Nabi Ibrahim dan putranya Ismail menambah keimanan dan rasa belas kasih kepada sesame. Wallahu’alam bishowab. (SR)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia