Survei Ubinan Palawija Subround III Tahun 2020 - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Survei Ubinan Palawija Subround III Tahun 2020

Survei Ubinan Palawija Subround III Tahun 2020

October 13, 2020 | BPS Activities


Kegiatan survei ubinan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh BPS selama 3 (tiga) subround dalam setahun. Survei ubinan bertujuan untuk mengetahui produktvitas (hasil per hektar) tanaman. Saat ini, tanaman yang dapat diukur produktivitasnya melalui ubinan baru terbatas pada komoditas padi, jagung, kedelai, ubi kayu, kacang tanah dan ubi jalar. Selain angka produktivitas, ubinan juga mencakup data pendukung lainya seperti jenis lahan, cara penanaman, cara pemanenan, penanggulangan organisme pengganggu tanaman (OPT), jenis intensifikasi, jenis variates benih, banyaknya benih, penggunaan pupuk dan pestisida, dan informasi kualitatif lainnya terkait dengan produktivitas.

 

Dalam pelaksanaannya, petugas akan melakukan pengukuran pada plot ubinan untuk rumah tangga yang menjadi sampel. Kemudian dari setiap rumah tangga sampel, akan dipilih satu petak secara acak. Pada petak terpilih ini, akan dipilih satu plot berukuran 2,5 m x 2,5 m. Pada plot tersebut dilakukan kegiatan ubinan. Setelah dilakukan pengukuran pada plot terpilih kemudian dilakukan wawancara dengan responden.

 

Selasa, 13 Oktober 2020, KSK Kecamatan Pancur bersama dengan PPL dari BPP Kecamatan Pancur melakukan ubinan bersama untuk komoditas ubi jalar di Desa Karaskepoh Kecamatan Pancur. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, kebutuhan akan data tidak berhenti. Pelaksanaan survei ubinan tetap berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

Pelaksanaan survei ubinan ini diharapkan dapat memberikan informasi data produktivitas padi yang lebih akurat dan tepat waktu, sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan secara tepat terutama terkait dengan program ketahanan pangan nasional. (Jq)

 

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia