Pelatihan Survei Kesejahteraan Petani (SKP) Tahun 2023 - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Pelatihan Survei Kesejahteraan Petani (SKP) Tahun 2023

Pelatihan Survei Kesejahteraan Petani (SKP) Tahun 2023

August 21, 2023 | BPS Activities


Rembang – BPS Kabupaten Rembang melaksanakan Pelatihan Survei Kesejahteraan Petani tahun 2023 (SKP 2023). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Agustus 2023. Pada pelatihan SKP ini disampaikan oleh Ibu Wahyu Sri Lestari, selaku Ketua Tim 2 Distribusi BPS Kabupaten Rembang.

 

Pelatihan SKP yang dilakukan di Tempat Makan Bamboo Bless dihadiri oleh 4 PCL dari mitra, 1 PCL Mitra Pengolahan dan 4 PML dari organik.  Setiap pelaksana kegiatan ini memiliki tugas masing-masing. PCL dari mitra bertugas mendata kegiatan survei di lapangan, PCL mitra pengolahan bertugas mengolah entri data SKP dan PML dari organik bertugas melakukan pemeriksaan dan pengawasan di lapangan.

 

Adanya kegiatan pelatihan diharapkan dapat memastikan para petugas memiliki pemahaman terhadap konsep dan pengetahuan dari pelaksanaan kegiatan survei kesejahteraan petani. Selain itu, pelatihan juga diharapkan akan meningkatkan kualitas pelaksanaan survei yang memungkinkan petugas untuk mendapatkan hasil data yang lebih akurat dan relevan. Pemahaman yang diperoleh juga membantu petugas dalam menganalisis hasil survei lebih efektif dan tepat sasaran.

 

Dilakukannya kegiatan Survei Kesejahteraan Petani (SKP) bertujuan untuk peninjauan indikator kesejahteraan petani seperti kelayakan hidup petani, pendapatan dan sumber daya, Pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan serta mitigasi risiko. Namun, ada tujuan utamanya yaitu meningkatkan kualitas hidup petani beserta keluarganya sehingga memperoleh kehidupan yang baik. Petani sebagai penggerak sektor pertanian, memerlukan perhatian yang lebih mendalam untuk memastikan kesejahteraan dan keberlangsungan hidupnya.

 

Harapan adanya survei ini akan menghasilkan indikator kesejahteraan para petani yang dapat digambarkan kondisi petani saat ini. Hal ini akan membatu pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang tepat sasaran dan berdampak langsung dalam peningkatan Pembangunan sektor pertanian. (Tim Humas)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia