Pendaftaran Rumah Tangga Survei Ubinan Subround II 2017 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pendaftaran Rumah Tangga Survei Ubinan Subround II 2017 BPS Kabupaten Rembang

Pendaftaran Rumah Tangga  Survei Ubinan Subround II 2017  BPS Kabupaten Rembang

2 Mei 2017 | Kegiatan Statistik


        Kegiatan pendaftaran rumah tangga atau listing survei ubinan merupakan tahapan pertama sebelum pelaksanaan survei ubinan. Listing dilaksanakan pada akhir bulan menjelang periode subround. Survei ubinan yang dilakukan pada bulan Mei s.d bulan Agustus 2017 ini adalah periode subround II di tahun 2017. Dan untuk memperoleh rumah tangga sampel kegiatan survei ubinan maka sesuai jadwal pada sepertiga bulan terakhir di bulan April 2017 dilakukan kegiatan listing ubinan SR II 2017.

        Survei ubinan adalah salah satu kegiatan rutin BPS yang ada di seksi statistik produksi yang dilakukan secara sampel dalam rangka untuk pengumpulan data produktivitas tanaman pangan (padi dan palawija).

Kegiatan listing rumah tangga dilakukan untuk memperoleh daftar nama dan alamat rumah tangga yang lengkap dan mutakhir yang mengusahakan tanaman pangan serta memperoleh data perkiraan bulan panen pada periode subround. Dari seluruh rumah tangga eligible hasil listing tersebut setelah dilakukan pengolahan maka akan dilakukan pengambilan sampel rumah tangga dimana nanti petugas akan melakukan pengukuran langsung produktivitas tanaman pangan pada saat petani tersebut panen.

         Setelah sebelumnya para petugas listing yang keseluruhannya adalah mitra BPS diberikan breifing tentang materi pengisian daftar listing dan tata cara listing ubinan, maka mulai pada tanggal 19-26 April 2017 mereka mulai melaksanakan kegiatan listing. Pada listing ubinan SR II 2017 kali ini ada sebanyak 54 blok sensus yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Rembang yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tersebut. Dengan Jumlah seluruh petugas listing (PCL) sebanyak 21 orang mitra dan pengawas 9 orang dari staf, sehingga rata-rata beban tugas per orang antara 2-3 blok sensus. Dari jumlah petugas tersebut alokasi setiap PML mengawasi antar 2-3 PCL.

         Seluruh blok sensus harus dapat diselesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Karena pengambilan sampel hanya dapat dilakukan jika seluruh blok sensus dalam kabupaten sudah selesai dan diolah semua. Jadi jika ada seorang petugas yang terlambat atau tidak sesuai jadwal waktu maka akan mempengaruhi tahapan kegiatan selanjutnya, dimana penarikan sampel menjadi terlambat dan berakibat pembagian alokasi daftar sampel survei ubinanpun juga terlambat. Jika hal itu sampai terjadi dimungkinkan akan ada rumah tangga sampel yang panen pada awal bulan Mei 2017 maka dapat terlewat atau tidak dapat disurvei ubinan.

        Dari hasil pengamatan dan pantauan kami seksi produksi terhadap kinerja mitra BPS yang ikut dalam kegiatan listing ini secara umum mereka telah menjalankan tugasnya dengan baik dan dapat menyelesaikan sesuai jadwal. Tidak banyak kendala yang cukup berarti dalam listing kali ini, biasanya mereka terkendala karena pada saat listing ada rumah tangga yang belum bisa ditemui saat mereka ke lapangan sehingga pada hari berikutnya mereka harus kembali lagi mengunjungi rumah tangga tersebut untuk mendapatkan informasi tentang usaha pertanian tanaman pangannya. Selain itu kendala yang lain adalah responden susah memperkirakan kapan panennya dengan alasan karena pengaruh harga sebagai misal untuk tanaman ketela pohon. Menurunnya harga per kilo dari ketela pohon yang saat ini hanya berkisar diharga Rp 600,- per kilo di tingkat petani terutama untuk jenis ketela pohon pahit membuat banyak petani enggan memanen walaupun umur tanaman sudah siap untuk dipanen. Tetapi dengan alasan menunggu harga yang pantas dari pedagang akhirnya responden kesulitan saat menentukan perkiraan panen tanaman ketela pohonnya tersebut.

        Akhirnya sesuai jadwal yang telah disepakati sebelumnya seluruh blok sensus selesai dilisting, bahkan pada tanggal 27 April 2017 seluruhnya sudah selesai diolah sehingga disisa waktu akhir bulan April ini diharapkan dapat menyelesaikan pengambilan sampel dan persiapan untuk pelaksanaan survei ubinan SR II 2017 periode bulan Mei s.d Agustus baik alokasi dokumen maupun alokasi petugas menjadi lebih matang dan sesuai jadwal. (Vie)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik