Pelatihan Petugas Pendataan Statistik Pertanian Tanaman Pangan Dengan Metode Kerangka Sampel Area - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Petugas Pendataan Statistik Pertanian Tanaman Pangan Dengan Metode Kerangka Sampel Area

Pelatihan Petugas Pendataan Statistik Pertanian Tanaman Pangan Dengan Metode Kerangka Sampel Area

2 Juni 2017 | Kegiatan Statistik


Pendataan Statistik Pertanian Tanaman Pangan dengan Metode Kerangka Sampel Area (KSA) adalah instrumen uji coba yang merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki data statistik tanaman pangan dengan metode pengumpulan data yang lama/konvensional menjadi lebih modern, obyektif dan representatif dengan memanfaatkan sarana teknologi di dalamnya, sehingga data pertanian yang dikumpulkan menjadi lebih akurat dan tepat waktu.

Tujuan KSA dilakukan adalah untuk mengestimasi luas panen padi secara lebih akurat dengan cara mengumpulkan foto tanaman padi pada berbagai fase tanam yaitu mulai fase pengolahan lahan hingga fase pengolahan pasca panen (satu musim tanam).

Pelaksanaan   Pengumpulan data statistik pertanian dengan metodologi KSA di Pulau Jawa ini merupakan tindak lanjut pengembangan dan perbaikan dari kegiatan uji coba sebelumnya yakni Uji Coba KSA di Kabupaten Indramayu dan Garut pada tahun 2015.

Di sini BPS menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk melakukan pendataan luas panen padi dengan metode terbaru dan menyusun kerangka sampel dalam pengumpulan data statistik pertanian yang berbasis teknologi. Dalam kegiatan ini dilakukan pengamatan fase tumbuh padi pada titik-titik pengamatan dalam sampel segmen.

            Pendataan statistik pertanian dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA) dilakukan di seluruh provinsi di Pulau Jawa kecuali DKI Jakarta. Komoditas yang dicakup dalam kegiatan ini hanya komoditas padi.

Guna mempersiapkan pelaksanaan kegiatan di lapangan nantinya, maka dilakukan pelatihan terhadap calon petugas KSA 2017. Pelatihan petugas KSA 2017 di Jawa Tengah dilaksanakan di 3 Training Center (TC), yaitu TC Magelang, Salatiga dan Pemalang.

Untuk TC Salatiga dilaksanakan di Hotel Laras Asri, Jalan Panglima Sudirman No. 335 Salatiga dengan peserta berasal dari BPS Kabupaten Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Semarang, Kota Semarang, Kota Salatiga dan Kota Surakarta. Pelatihan diselenggarakan  di 2 (dua) gelombang yaitu Gelombang I tanggal 19-21 Mei 2017 dan Gelombang II tanggal  22-24 Mei 2017.

Untuk Kabupaten Rembang jumlah peserta pelatihan sebanyak 26 orang yang terdiri dari organik sebanyak 20 orang dan 6 orang dari Mitra Statistik dengan jumlah PML  sebanyak 6 orang dan PCL 20 orang. Peserta pelatihan terbagi di 2 (dua) gelombang. Gel I dan II masing-masing sebanyak 13 orang peserta ditambah dengan peserta dari Kabupaten lain dengan dipandu Instruktur Daerah, Drs. Sumitro. Pembukaan pelatihan dibuka langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Semarang, Drs. Manggus Suryono. Dalam sambutannya beliau sangat mengharapkan kepada calon petugas KSA 2017 agar dalam menjalankan tugas nantinya dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, tepat waktu, sesuai SOP dan tetap menjaga kualitas data. Di samping itu juga para petugas harus memahami materi pelatihan, baik terkait metodologi, konsep definisi maupun cara menjalankan aplikasi KSA yang baik dan benar sesuai yang diajarkan instruktur.

Di samping penyampaian materi pelatihan di kelas, juga dilaksanakan tryout di lapangan. Di sini peserta pelatihan membawa instrumen seperti : (1). Peta lingkungan sekitar berupa peta rupa bumi lokasi segemen, (2). Foto lingkungan sekitar segmen, (3). Foto segmen dan titik pengamatan, (4). Alat komunikasi Handphone (HP) dengan spesifikasi minimal OS Android 3.x, Kamera Belakang 1 MP, RAM 1 GB, GPS berfungsi, memori minimum 2 GB, (5). Sistem Aplikasi Survei KSA untuk menyimpan dan mengirimkan data pengamatan yang sudah terinstall pada HP.

Selanjutnya peserta melakukan pencarian titik-titik pengamatan dalam pengumpulan data fase pertumbuhan padi di lapangan dengan panduan peta lingkungan, foto lingkungan dan foto segmen.

            Semoga dengan berbekal materi dan praktek lapangan yang diterima pada saat pelatihan dapat menjadi pedoman bagi peserta yang nantinya bisa diterapkan di lapangan. Harapannya semoga pelaksanaan KSA 2017 dapat berjalan dengan lancar dan kelak data statistik pertanian yang dikumpulkan menjadi lebih akurat, tepat waktu dan berkualitas.  (SR)        
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik