Survei Kerangka Sampel Area (KSA) Juni - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei Kerangka Sampel Area (KSA) Juni

Survei Kerangka Sampel Area (KSA) Juni

30 Juni 2022 | Kegiatan Statistik


Esuk esuk cuacane cerah...

KSA meneh lur, ayo nek sawah...

 

Setiap akhir bulan tepatnya tujuh hari terakhir, BPS melaksanakan survei rutinan, yaitu Survei Kerangka Sampel Area (KSA). KSA bertujuan untuk menghitung perkiraan luasan panen untuk komoditas padi dan palawija (jagung). Perkiraan luas panen dengan produktivitas komoditas tersebut yang akan menjadi angka pdoduksi untuk komoditas padi dan palawija (jagung). Angka produksi yang dihasilkan melalui pendekatan KSA dalam penghitungan luasan panennya akan menjadi acuan perbaikan angka produksi padi dan palawija (jagung) yang selama ini dihasilkan melalui pendekatan eye estimate.

 

Bulan Juni ini, petugas kembali berjibaku ke area persawahan/tegalan untuk mengamati dan melakukan pemotretan lahan pada berbagai fase pertumbuhan tanaman (padi dan jagung) di lokasi titik koordinatnya.

 

Melalui informasi fase amatan KSA, juga dapat diketahui perkiraan panen sampai beberapa bulan ke depan. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk pemerintah dalam menentukan kebijakan program pangan nasional.

 

Semoga data yang dihasilkan melalui metode KSA ini dapat membawa perubahan perbaikan data pertanian yang akurat, yang nantinya dapat digunakan pemerintah dalam perencanaan program ketahanan pangan nasional.

 

Tetap semangat pejuang data! yakin bahwa langkahmu di kegiatan KSA ini turut menentukan pemenuhan pangan nasional.

(Humas)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik