Survei Ubinan Padi Berbasis Kerangka Sampel Area (KSA) - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei Ubinan Padi Berbasis Kerangka Sampel Area (KSA)

Survei Ubinan Padi Berbasis Kerangka Sampel Area (KSA)

27 Juli 2020 | Kegiatan Statistik


Survei ubinan merupakan salah satu kegiatan rutin BPS yang dilakukan guna mengumpulkan data produktivitas tanaman pangan, utamanya komoditas padi. Survei ini dilakukan bersamaan dengan waktu panen oleh petani. Data produktivitas komoditas pangan sangat penting sebab berkaitan langsung dengan data ketahanan pangan.  Mulai subround 3 (bulan September-Desember) tahun 2018, survei ubinan untuk komoditas padi dilakukan melalui pendekatan Kerangka Sampel Area (KSA).

 

KSA sendiri merupakan suatu metode baru yang dikembangkan oleh BPS bekerjasama dengan berbagai lembaga dalam rangka memperbaiki metode pengumpulan data luas panen yang sebelumnya hanya berdasarkan pada hasil pengamatan mata (eye estimate). Metode ini dilakukan dengan cara yang lebih obyektif dan modern dengan melibatkan perangkat teknologi di dalamnya, sehingga data dikumpulkan menjadi lebih akurat.

 

Seperti survei ubinan (gambar), BPS Kabupaten Rembang melalui KSK Pancur, M. Bukhori melakukan ubinan padi di Desa Warugunung Kecamatan Pancur. Menurut keterangan petani (bapak Suryadi), hasil panen yang didapat kali ini cukup memuaskan, karena cukupnya pasokan air yang disalurkan dari air sungai (memakai mesin diesel) dan mengingat kalau hanya mengandalkan air tadah hujan belum tentu mendapatkan hasil seperti saat ini.  (Jq)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik