Workshop Bidang Pendidikan “Akselerasi Peningkatan IPM” Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Workshop Bidang Pendidikan “Akselerasi Peningkatan IPM” Kabupaten Rembang

Workshop Bidang Pendidikan “Akselerasi Peningkatan IPM” Kabupaten Rembang

18 Oktober 2017 | Kegiatan Statistik Lainnya


Senin, tanggal 16 Oktober 2017,  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang menyelenggarakan Workshop Bidang Pendidikan dengan tema “Akselerasi Peningkatan IPM Bidang Pendidikan”. Acara berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Rembang dan  hadir dalam workshop tersebut adalah SKPD terkait, BPS Kabupaten Rembang serta seluruh camat se-kabupaten Rembang.

Dalam acara workshop tersebut, BPS Kabupaten Rembang didaulat sebagai Narasumber terkait penyampaian materi IPM. Selain BPS, ada narasumber lain yaitu Dr. Dra. Sri Yuwanti, MA dari kalangan akademisi, Dosen di salah satu perguruan tinggi di Semarang.

            Dalam hal ini, Kepala BPS Kabupaten Rembang, Amirudin S.SI, MMSI sebagai pemrasaran materi IPM dengan didampingi Kasi Nerwilis, Miyan Andi Irawan, SST, MSE. Kita ketahui bahwa pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM), di samping kesehatan dan kemampuan daya beli masyarakat.

Sampai dengan kondisi terakhir tahun 2016, IPM Kabupaten Rembang sebesar 68,60  artinya capaian pembangunan manusia  di Kabupaten Rembang  pada  tahun 2016 termasuk kategori sedang dengan angka pencapaian IPM antara 60,0 sampai 69,9. Di banding dengan IPM Provinsi Jawa Tengah, pencapaian IPM Kabupaten Rembang dari tahun ke tahun selalu di bawah angka IPM Provinsi Jawa Tengah yaitu 69,98 pada tahun 2016.

Terhadap permasalahan IPM di Kabupaten Rembang terutama sektor pendidikan perlu mendapat perhatian mengingat angka putus sekolah (Drop Out) di Kabupaten Rembang tahun 2016 sebesar 5,80 persen (DO-SMP) dan 3,44 persen (DO-SMA/SMK). Untuk sektor pendidikan, yang menjadi kunci peningkatan IPM Rembang adalah rata-rata lama sekolah yang harus banyak ditingkatkan lagi karena masih ada anak yang putus sekolah. Program paket adalah salah satu program yang akan menjadi prioritas untuk menekan angka putus sekolah kedepannya nanti.

Sektor lain yang mendukung peningkatan IPM Rembang adalah sektor ekonomi yang harus menjadi perhatian juga. Tingkat daya beli masyarakat Rembang harus terus didorong. Begitu juga sektor kesehatan juga harus menjadi perhatian. (SR)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik