Survei KSA (bulan Mei) di Tengah Pandemi Covid-19 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei KSA (bulan Mei) di Tengah Pandemi Covid-19

Survei KSA (bulan Mei) di Tengah Pandemi Covid-19

31 Mei 2020 | Kegiatan Statistik


Salah satu kegiatan BPS berkaitan dengan ketahanan pangan adalah survei Kerangka Sampel Area (KSA).  Survei Kerangka Sample Area (KSA) merupakan survei untuk perolehan data dan informasi pertanian tanaman pangan yang dilakukan setiap tanggal 25-30 setiap bulannya. Adapun tujuan KSA adalah untuk mengestimasi luas panen padi secara lebih akurat dengan cara mengumpulkan foto tanaman padi pada berbagai fase tanam yaitu mulai fase pengolahan lahan hingga fase pengolahan pasca panen (satu musim tanam).

 

Metode ini merupakan hasil kerjasama antara BPS bersama dengan lembaga lain seperti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Informasi Geospasial (BIG), Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

 

Dengan berbekal HP Android yang terinstall aplikasi KSA, petugas dapat dapat mengamati kondisi lahan apakah berada dalam kondisi fase persiapan lahan, fase vegetatif, fase generatif, fase panen, lahan puso, lahan sawah bukan padi, atau lahan bukan sawah serta memotret hasil pertumbuhan padi di lokasi titik koordinatnya yang pada akhirnya diperoleh data pertanian yang objektif, akurat, cepat dan terupdate. Setelah diperiksa lewat satelit, petugas akan datang ke setiap titik untuk memotret dan mengirimkan pertumbuhan tanaman lewat aplikasi yang dibuat BPS dan BPPT. Pengaturan juga dilakukan supaya petugas harus melakukan pemotretan sesuai lokasi sampel penugasannya

 

KSA di Tengah Pandemi

Meski menghadapi situasi darurat pandemi Covid-19 yang sudah memasuki bulan ketiga ini, geliat petugas dalam melaksanakan survei ini tidak menurun. Petugas KSA tetap berjuang di lapangan.  Petugas tetap mendatangi sawah, ladang/tegalan yang terpilih sampel.  Rasa khawatir dan takut tentulah ada. Kendala-kendala saat ke lapangan seperti akses jalan menuju/masuk ke desa ditutup karena kekawatiran desa akan pendatang dari luar desa di saat pandemi seperti ini. Apalagi saat ini bangsa tengah dihadapkan dengan adanya wabah virus corona.

 

Jadwal KSA selama masa pademi Covid-19 ini diperpanjang hingga tanggal 6 di bulan berikutnya. Alhamdulillah ada kelonggaran waktu untuk dapat menyelesaikan tugas KSA ini. Petugas yang akan ke lapanganpun juga tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap jaga jarak aman, Physical Distancing,  menggunakan masker, face shield, dan hand sanitizer.  Gunakan baju lengan panjang, sepatu, celana panjang dan kaos tangan untuk proteksi diri.

 

Tetap semangat temen-temen, lengkapi diri dengan APD saat ke lapangan yaa. Berjuanglah untuk negeri ini. Yakinlah bahwa langkahmu juga turut menentukan pemenuhan pangan melalui survei KSA ini.  Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kesehatan, keselamatan dan kemudahan dalam menjalankan pekerjaan ini. (Jq)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik