Uji Kompetensi Statistisi dan Pranata Komputer (Online) - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Uji Kompetensi Statistisi dan Pranata Komputer (Online)

Uji Kompetensi Statistisi dan Pranata Komputer (Online)

16 Juni 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


Uji kompetensi  sebagai salah satu persyaratan kenaikan jabatan bagi statistisi dan pranata komputer, yang tahun ini dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2020 serentak di BPS Seluruh Indonesia dengan menggunakan aplikasi online.

 

Mengingat masih dalam pandemi COVID-19 dan sebagai bentuk kewaspadaan pencegahan penularan COVID-19, Uji kompetensi tahap I tahun 2020 dilaksanakan di BPS Provinsi dan di seluruh BPS Kabupaten/Kota.

 

Di Provinsi Jawa Tengah sendiri jumlah peserta uji kompetensi sebanyak 82 orang yang terdiri dari peserta dari BPS sendiri dan juga peserta dari Kementerian/Lembaga dan Pemda yang akan ikut ujian di BPS Provinsi/Kab/Kota terdekat.

 

Di BPS Kabupaten Rembang, pelaksanaan uji kompetensi berlangsung di Aula BPS Kabupaten Rembang diikuti sebanyak 3 orang, 2 orang uji kompetensi Statistisi Ahli Madya (sdr. Faisal Lutfi Arif, SST dan Sri Rejeki, SST, MM) dan 1 orang uji kompetensi Pranata Komputer Penyelia (Sdr. Sukaryo, A.md).

 

Uji kompetensi dimulai pada pukul 8.30 WIB. Sebelum uji kompetensi berlangsung, peserta melakukan registrasi kehadiran. Acara dibuka oleh Kasubbag Tata Usaha BPS Kabupaten Rembang, Muncar Cahyono, SST dan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib pelaksanaan ujian dan pembagian user dan password.

 

Pengawasan ujian dilaksanakan dengan real time monitoring menggunakan aplikasi zoom. Dimana pengawas dari BPS RI dan provinsi dapat memonitor jalannya uji kompetensi di masing-masing Kabupaten/Kota.

 

Adapun soal/materi ujian yang diujikan untuk Statistisi Ahli adalah 40 soal pilihan ganda (waktu 45 menit), 5 soal essay (waktu 60 menit) dan 5 soal analisis (waktu 60 menit). Sedangkan untuk Pranata Komputer adalah 40 soal pilihan ganda (waktu 60 menit), 5 soal essay (waktu 60 menit).

 

Semoga peserta yang mengikuti uji kompetensi dapat lulus semua, sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM yang profesional khususnya di bidang statistisi dan sebagai wujud implementasi Program Reformasi Birokrasi di lingkungan BPS dalam hal Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur.

 

Stress Test

Sebelum pelaksanaan Uji Kompetensi Statistisi, pada tanggal 10 Juni dilaksanakan Uji Coba (Stress Test) Aplikasi Uji Kompetensi Statistik yang dapat diakses melalui alamat  https://exam.bps.go.id . Uji coba ini untuk mencoba mengaplikasikan program Uji Kompetensi Statistik yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2020. Uji coba aplikasi dapat diakses sampai dengan tanggal 14 Juni pukul 14.00 WIB. Stress Test dilaksanakan di masing-masing BPS Kab/Kota, BPS Provinsi dan di luar BPS itu sendiri. Peserta dari luar BPS dapat melakukan koordinasi dengan BKD setempat. Dalam uji coba aplikasi, peserta mencoba menggunakan aplikasi dengan memasukkan username dan password yang telah ditentukan dengan link website  https://exam.bps.go.id   (Jq)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik