Uji Kompetensi Statistisi (Online) Tahap II Tahun 2018 Di Lingkungan BPS Provinsi Jateng - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Uji Kompetensi Statistisi (Online) Tahap II Tahun 2018 Di Lingkungan BPS Provinsi Jateng

Uji Kompetensi Statistisi (Online) Tahap II Tahun 2018 Di Lingkungan BPS Provinsi Jateng

19 Oktober 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


Uji kompetensi  sebagai salah satu persyaratan penyesuaian (inpassing) dan kenaikan jabatan bagi statistisi, pada tahun ini dilakukan secara online di seluruh BPS Provinsi.

Kamis, 18 Oktober 2018 bertempat di Ruang Pengolahan Lantai 3 BPS Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan  Uji Kompetensi Statistisi Tahap II yang dilakukan secara online dan diikuti oleh peserta sebanyak 109 orang berasal dari BPS Kab/Kota Se-Jawa Tengah.

Peserta yang mengikuti ujian pada tahap II ini merupakan peserta untuk kenaikan pangkat (reguler) dan inpassing serta peserta yang pada uji komptensi sebelumnya (tahap 1) dinyatakan tidak lulus, jadi dapat mengikuti kembali di tahap 2 ini. Jenis uji kompetensi yang di ujikan pada tahap ini adalah Uji Kompetensi sebagai Statistisi Penyelia, Statistisi Pelaksana Lanjutan, Statistisi Muda dan Statistisi Madya. Untuk Kabupaten Rembang sendiri jumlah peserta yang ikut uji kompetensi pada tahap II ini sebanyak 2 orang (Statistisi Madya dan Statistisi Pelaksana Lanjutan)

Peserta Uji Kompetensi Statistisi dibagi menjadi 2 (dua) gelombang. Gelombang I (08.15 -  11.15 WIB) dan Gelombang II (13.15 -  16.15 WIB).

Kepala BPS Provisi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono, MA sebagai penangungjawab kegiatan, sebelum proses ujian dimulai terlebih dahulu membuka dan memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh peserta dapat mengerjakan soal-soal dengan baik serta berharap peserta dapat lulus semua nantinya.

Sebelum ujian dimulai, peserta melakukan registrasi dan selanjutnya peserta dipersilahkan untuk menuju ruang ujian yang berada di ruang IPDS/pengolahan. Pengawas ujian disamping dari BPS Provinsi Jawa Tengah sendiri, juga ada pengawas dari BPS RI. Sebelum ujian dimulai, pengawas dari BPS Provinsi Jawa Tengah membacakan tata cara dan tata tertib pelaksanaan ujian. Soal yang diujikan adalah 40 soal pilihan ganda (waktu 45 menit), 5 soal essay (waktu 60 menit) dan 5 soal analisis (waktu 60 menit).

Diharapkan, dengan adanya uji kompetensi ini akan dapat meningkatkan kualitas SDM yang profesional khususnya di bidang statistisi  dan sebagai wujud implementasi Program Reformasi Birokrasi di lingkungan BPS dalam hal Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur.

 

Stress Test

Sebelum pelaksanaan Uji Kompetensi Statistisi, pada tanggal 4 Oktober 2018 dilaksanakan Uji Coba (Stress Test) Aplikasi Uji Kompetensi Statistik. Uji coba ini untuk mencoba mengaplikasikan program Uji Kompetensi Statistik yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2018. Uji coba dilaksanakan di masing-masing BPS Kab/Kota, BPS Provinsi dan di luar BPS itu sendiri. Disini, peserta mencoba menggunakan aplikasi dengan memasukkan username dan password yang telah ditentukan dengan link website  https://exam.bps.go.id    (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik