Ubinan Palawija Subround III - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Ubinan Palawija Subround III

Ubinan Palawija Subround III

27 Oktober 2020 | Kegiatan Statistik


Ketahanan pangan sangat penting untuk diperkuat di tengah pandemi covid-19 sekarang ini. Saat ini pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menggalakkan terobosan dan inovasi untuk ketahanan pangan, salah satunya dengan penguatan implementasi diversifikasi pangan.

 

Pentingnya diversifikasi pangan ini sebagai upaya dan sekaligus solusi yang tepat di tengah pandemi covid-19. Tidak hanya komoditas padi, bangsa ini sangat kaya dengan komoditas non beras yaitu palawija.

 

Jadi dengan diversifikasi pangan ini merupakan salah satu cara menuju swasembada beras dengan mengurangi konsumsi beras sehingga total konsumsi tidak melebihi produksi. Di samping itu dengan diversifikasi juga memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja.

..................

 #SahabatData, masih di subround III ini, BPS Kabupaten Rembang melalui KSK kecamatan Pancur melaksanakan ubinan palawija (komoditas ubi kayu) tanggal 27 Oktober 2020 di desa Karaskepoh kecamatan Pancur sebanyak 2 plot.

 

Ubinan adalah cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sampel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang. Hasil inilah dapat dijadikan dasar dalam penentuan produksi dalam 1 Ha. Tujuan dari pengambilan sampel ubinan ini adalah untuk mengetahui perkiraan hasil produksi tanaman dalam luasan 1 Ha.

 

Semoga hasil dari kegiatan ini dapat dipakai sebagai dasar pengambilan kebijakan sehingga ketahanan pangan dapat terwujud melalui swasembada pangan. (Jq)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik