Sharing Knowledge “Mengenal Cara Membuat Videografis Kekinian” - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Sharing Knowledge “Mengenal Cara Membuat Videografis Kekinian”

Sharing Knowledge “Mengenal Cara Membuat Videografis Kekinian”

18 Desember 2020 | Kegiatan Statistik


Selamat pagi #SahabatData semua...

Semoga tetap sehat meski saat ini masih dalam kondisi pandemi dan #ingatpesenibu ya, tetap patuhi protokol kesehatan.

 

Menjelang tutup akhir tahun 2020, Jumat (18/12), BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan kegiatan yang merupakan salah satu program Change Agent Network (CAN) yaitu “Sharing Knowledge” melalui aplikasi zoom dan diikuti oleh pegawai BPS Kabupaten Rembang baik yang menjalankan WFO maupun WFH. Sharing Knowledge kali ini mengusung tema “Mengenal cara Membuat Videografis Kekinian” dengan narasumber Sdr Habib Ramadhani yang merupakan pegawai magang dari STIS dan dimoderatori Nanda Ilyas Syukur (Staf Seksi Distribusi).

 

Tujuan dari sharing knowledge ini adalah untuk membekali dan meningkatkan kemampuan pegawai terutama dalam hal membuat design grafis yang selanjutnya dituangkan ke dalam tampilan videografis.

#SahabatData..

Di jaman digital sekarang ini, ilmu desain semakin penting karena menyangkut bagaimana publik melihat konten-konten yang diposting. Terkadang jika kontennya bagus tetapi desainnya kurang menarik tentu saja publik tidak betah berlama-lama membaca artikel. Dewasa ini, video menjadi salah satu media yang diminati oleh publik karena kemudahan penyerapan informasi dibanding tampilan-tampilan lainnya yang bersifat statis.

 

Banyak orang mungkin tidak tahu bahwa untuk mendesain tidak harus memakai tools-tools seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, CorelDraw atau berbagai tools susah lainnya. Terdapat beberapa software untuk membuat desain videografis dengan mudah, namun ada satu yang lebih mudah dan lebih familiar yaitu dengan Microsoft Powerpoint. Semua orang sudah pasti mengenal aplikasi ini kan?  tidak mungkin #SahabatData tidak mengenalnya karena mungkin hampir sebagian besar komputer di dunia ini ditenagai sistem operasi Windows, dan Powerpoint adalah salah satu software yang mudah diaplikasikan dalam membuat presentasi.

 

Dalam sharing knowledge kali ini, sebelum membuat videografis, narasumber menyampaikan materi dan juga praktek langsung cara membuat desain grafis dasar. Bagi pemula barangkali perlu latihan terus untuk kelancaran dalam membuat desain. Dalam membuat videografis, dengan template Powerpoint animasi yang tepat, ditambah lagi dengan narasi dan audio yang pas (dengan mengatur sendiri konsep animasinya), membuat presentasi menjadi lebih menakjubkan, yang terasa interaktif dan bergaya, tanpa terlalu berlebihan.

 

Akhirnya dengan sharing knowledge ini diharapkan peserta dapat menguasai konsep dasar desain grafis (terutama videografis) dengan baik, dapat merancang dan membuat karya-karya dengan memanfaatkan data-data BPS yang ada sehingga dapat menciptakan suatu karya bernilai seni dan komunikatif, sehingga tujuan utama sebagai media penyampai informasi kepada publik dapat tersampaikan.  (Jq)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik