Pelatihan Calon Pembina Desa Cinta Statistik - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Calon Pembina Desa Cinta Statistik

Pelatihan Calon Pembina Desa Cinta Statistik

12 Juli 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada masa sekarang ini keberadaan data menjadi sangat penting, terutama sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan. Tidak hanya pembangunan nasional, pembangunan di tingkat terkecil di tingkat desa juga memerlukan data yang akurat dan up to date.

Dalam rangka mewujudkan data yang berkualitas sampai tingkat desa BPS-RI membuat program kegiatan Desa Cinta Statistik. BPS Kabupaten Rembang dalam mendukung program Desa Cinta Statistik sudah mempunyai dua desa yang akan menjadi calon desa binaan, yaitu Desa Pandean dan Desa Punjulharjo.

Untuk mengawali program Desa Cinta Statistik di Kabupaten Rembang telah ditugaskan 4 orang pegawai BPS Kabupaten Rembang sebagai calon Pembina Desa Cinta Statistik. Keempat pegawai yang ditugaskan tersebut adalah Dinata Hindra S. dan Sri Rejeki sebagai calon Pembina Desa Pandean. Sedangkan untuk calon Pembina Desa Punjulharjo adalah Sukaryo dan Wahyu Sri Lestari. Keempat pegawai tersebut merupakan para statistisi dan pranata komputer.

Sebagai bahan dan bekal calon Pembina Desa Cinta Statistik untuk terjun ke lapangan dalam melakukan pembinaan terhadap desa binaan, keempat calon Pembina Desa Cantik diikutsertkan dalam Pelatihan Calon Pembina Desa Cinta Statistik yang diselenggarakan oleh Pusdiklat BPS-RI.

Untuk calon Pembina Desa Cinta Statistik dari Kabupaten Rembang mendapatkan giliran mengikuti pelatihan Angkatan III dan IV. Dimana Angkatan III diselenggarakan pada tanggal 28 Juni s.d 2 Juli 2021 yang diikuti oleh calon Pembina Desa Pandean. Sedangkan untuk calon Pembina Desa Punjulharjo mengikuti pelatihan pada Angkatan IV yang diselenggarakan pada tanggal 5 s.d 9 Juli 2021.

Dalam pelatihan tersebut diberikan materi komunikasi yang disampaikan oleh fasilitator yang telah ditunjuk oleh Pusdiklat BPS-RI. Selain materi dari fasilitator para peserta juga banyak melakukan role play, baik antara peserta dengan peserta yang lain, maupun peserta dengan narasumber dari desa.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta mampu mengaplikasikan komunikasi yang efektif, sehingga nantinya dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pihak desa.(ipds)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik