Pendataan Susenas-Seruti Maret 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pendataan Susenas-Seruti Maret 2023

Pendataan Susenas-Seruti Maret 2023

8 Maret 2023 | Kegiatan Statistik


Rembang - Susenas menjadi sandaran utama Indonesia dalam hal kebutuhan data-data strategis untuk pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TBP/SDGs). Data dan indikator susenas secara luas telah banyak digunakan dalam perencanaan, monitoring dan evaluasi program pembangunan pemerintah baik pusat maupun daerah. Indikator-indikator tersebut diataranya angka kemiskinan, indeks pembangunan manusia dan gini rasio.

Pada tahun 2023 ini, kegiatan Susenas diintegrasikan dengan Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (SERUTI) pada bulan Maret dan September. Seruti dilaksanakan setiap triwulan untuk memperoleh statistik ekonomi rumah tangga berupa nilai dan pola pendapatan, pengeluaran konsumsi, dan non konsumsi, investasi, dan transaksi keuangan rumah tangga.

Nah, di Kabupaten Rembang sendiri, jumlah sampel susenas sebanyak 79 blok sensus (790 rumah tangga) dengan alokasi setiap petugas mengerjakan 2 blok sensus.

Menjaga kualitas data susenas menjadi perhatian serius BPS Kabupaten Rembang. Salah satu yang dilakukan adalah dengan pengawasan lapangan. Pengawasan dilakukan sejak pemutakhiran rumah tangga hingga pencacahan sampel rumah tangga. Pengawas mendampingi dan mengevaluasi kinerja pencacah sehingga kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dapat dihindari sedini mungkin serta membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ditemui pencacah di lapangan.

Bagi masyarakat Rembang yang nantinya terpilih menjadi sampel terpilih kegiatan Susenas dan Seruti Maret 2023, jangan lupa untuk menerima kedatangan petugas dan memberikan jawaban yang benar.

(Tim Humas)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik