Pendataan Susenas Maret-Seruti Triwulan I Tahun 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pendataan Susenas Maret-Seruti Triwulan I Tahun 2024

Pendataan Susenas Maret-Seruti Triwulan I Tahun 2024

7 Maret 2024 | Kegiatan Statistik


Rembang - Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi sandaran utama Pemerintah Republik Indonesia dalam hal menjawab kebutuhan data-data strategis untuk pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TBP/SDGs). Data dan indikator Susenas secara luas telah banyak digunakan dalam perencanaan, monitoring dan evaluasi program pembangunan pemerintah baik pusat maupun daerah. Indikator-indikator tersebut diantaranya angka kemiskinan, indeks pembangunan manusia (IPM) dan gini rasio.


Pada tahun 2024 kegiatan Susenas Maret 2024 diintegrasikan dengan Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti) Triwulan I 2024. Seruti dilaksanakan setiap triwulan untuk memperoleh statistik ekonomi rumah tangga berupa nilai dan pola pendapatan, pengeluaran konsumsi, dan non konsumsi, investasi, dan transaksi keuangan rumah tangga.


Kegiatan pendataan rumah tangga sampel Susenas Maret dan Seruti Triwulan I 2024 secara serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia antara tanggal 19 Februari s.d 9 Maret 2024. Di Kabupaten Rembang, jumlah rumah tangga sampel yang didata sebanyak 790 rumah tangga yang tersebar di 79 blok sensus di seluruh kecamatan. Pendataan tersebut dilaksanakan oleh mitra statistik yang terpilih menjadi petugas pendataan lapangan (PPL) Susenas dan telah mengikuti pelatihan. Setiap PPL mengerjakan 1-2 blok sensus atau melaksanakan pendataan sebanyak 10-20 rumah tangga sampel. PPL melakukan wawancara secara langsung terhadap responden yang menjadi anggota rumah tangga tersebut dan mengetahui kondisi sosial ekonomi rumah tangganya. Dari 790 rumah tangga sampel Susenas Maret 2024 terdapat 180 rumah tangga yang juga menjadi rumah tangga sampel Seruti Triwulan I 2024.

 

Kualitas data Susenas dan Seruti menjadi perhatian serius BPS Kabupaten Rembang. Salah satu yang dilakukan adalah dengan melaksanakan pengawasan lapangan. Pengawasan dilakukan sejak pemutakhiran muatan rumah tangga pada blok sensus hingga pendataan rumah tangga sampel. Pengawas (PML) mendampingi PPL dalam melakukan pendataan dan mengevaluasi kinerjanya, sehingga kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dapat dihindari sedini mungkin serta membantu menyelesaikan permasalahan dan kendala yang ditemui PPL di lapangan.


Bagi masyarakat Kabupaten Rembang yang rumah tangganya nanti terpilih menjadi sampel kegiatan Susenas Maret dan Seruti Triwulan I 2024, jangan lupa untuk menerima kedatangan petugas dan memberikan jawaban yang benar. Memberikan jawaban yang benar merupakan salah satu kontribusi nyata untuk membangun Kabupaten Rembang menjadi semakin lebih maju dan GEMILANG. (Humas/FLA)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik