VALIDASI DAN EVALUASI HASIL PENGOLAHAN SENSUS PERTANIAN (ST) 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

VALIDASI DAN EVALUASI HASIL PENGOLAHAN SENSUS PERTANIAN (ST) 2023

VALIDASI DAN EVALUASI  HASIL PENGOLAHAN SENSUS PERTANIAN (ST) 2023

15 September 2023 | Kegiatan Statistik


Rembang – BPS Kabupaten Rembang melaksanaan Validasi dan Evaluasi pasca pengolahan dari hasil pengolahan Sensus Pertanian (ST) 2023. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada hari Rabu, 13 September 2023 sampai dengan selesai. Semua petugas  PML dan PCL yang ada di Kecamatan akan datang ke BPS Kabupaten Rembang sesuai jadwal yang ditentukan oleh tim IPDS BPS Kabupaten Rembang.

 

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan akurasi dan ketepatan data. Selain itu juga dilakukan dengan mencermati data aneh dan ketidak konsistensian yang muncul di pengolahan Sensus Pertanian. Evaluasi pasca pengolahan data atau keanehan data bisa terjadi karena kesalahan pencatatan, persepsi petugas, dan ketidakbenaran dari responden. Sehingga BPS harus memastikan tidak terjadi kesalahan pendataan di lapangan.

 

Dengan datangnya petugas Pemeriksa/PML dan Pencacah lapangan/PCL ke BPS Kabupaten Rembang, maka akan memberikan penjelasan lebih lanjut dan lebih rinci dari data yang sekiranya tidak konsisten atau ada keanehan. Kemudian, operator entry dan petugas akan melakukan pembenaran data. Pada awalnya, petugas PCL yang dipandu oleh PML mengambil dokumen yang menjadi tanggung jawabnya, kemudian menghampiri operator pembagian petugas pengolahan data untuk memperbaiki data.

 

Pada pengolahan data Sensus Pertanian (ST) 2023 dibutuhkan data yang berkualitas dan bermutu untuk mewujudkan data pertanian yang lebih baik. Maka dari itu akan mewujudkan data Sensus Pertanian yang dapat memberikan informasi secara jelas tentang tantangan dan peluang di sektor pertanian. Dengan tersedianya data yang lengkap dan akurat baik itu tentang jenis tanaman, pola tanaman, ketersediaan pupuk dan lain sebagainya akan menjadi evaluasi untuk menciptakan usaha pertanian yang berkelanjutan.

(Tim Humas)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik