PELATIHAN PETUGAS SURVEI ANGKATAN KERJA NASIONAL (SAKERNAS) AGUSTUS 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

PELATIHAN PETUGAS SURVEI ANGKATAN KERJA NASIONAL (SAKERNAS) AGUSTUS 2024

PELATIHAN PETUGAS SURVEI ANGKATAN KERJA NASIONAL (SAKERNAS) AGUSTUS 2024

24 Juli 2024 | Kegiatan Statistik


 BPS Kabupaten Rembang menggelar pelatihan petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2024 secara offline.

 

Acara Pembukaan pelatihan secara resmi dibuka  oleh Kepala BPS Kab. Rembang Teguh Iman Santoso, yang sekaligus memberi arahan. Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada petugas untuk melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab sampai selesainya pekerjaan yang dibebankan oleh petugas, serta menjalankan sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP).

 

Sakernas merupakan survei rutin BPS yang diselenggarakan pada bulan Februari dan Agustus setiap tahunnya. Sampel Sakernas Februari lebih sedikit daripada Sakernas Agustus. Blok Sampel yang disurvei pada Sakernas Agustus 2024 sebanyak 64 blok sampel yang tersebar di 14 kecamatan se-Kabupaten Rembang, dengan rumah tangga sampel 640 rumah tangga. Data hasil Sakernas Agustus nantinya akan menghasilkan indikator-indikator ketenagakerjaan hingga level kabupaten, sedangkan Sakernas Februari menghasilkan data hingga level provinsi.

 

Pelatihan Petugas Sakernas Agustus 2024 BPS Kabupaten Rembang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 22-23 Juli 2024 secara offline di Hotel Pollos Rembang.

 

Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) merupakan survei rutin BPS yang bertujuan menyediakan data pokok ketenagakerjaan secara berkesinambungan. Data ketenagakerjaan termasuk data yang penting untuk dikumpulkan sebab tiga tujuan utamanya untuk mengetahui tingkat kesempatan kerja (TKK), tingkat pengangguran terbuka (TPT) dan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK). dan penduduk yang tercakup dalam kategori bukan angkatan kerja.

 

Tahun ini merupakan kali pertama pengumpulan data Sakernas menggunakan CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing). Nantinya, petugas akan melakukan pendataan melalui aplikasi Fasih. Petugas memerlukan pemahaman yang komprehensif sebelum dapat turun ke lapangan melalui pelatihan petugas.

 

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengumpulan data ketenagakerjaan serta memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kondisi tenaga kerja di Kabupaten Rembang.

 

Penulis : Didik Permono

Editor : Faisal Lutfi Arief

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik