Pelatihan Sakernas Agustus 2017 BPS Kabupaten Rembang - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Pelatihan Sakernas Agustus 2017 BPS Kabupaten Rembang

Pelatihan Sakernas Agustus 2017 BPS Kabupaten Rembang

August 1, 2017 | BPS Activities


       Memasuki awal semester dua tahun 2017 kegiatan rutin dari Seksi Statistik Sosial, salah satunya adalah kegiatan Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS). Secara umum kegiatan Sakernas bertujuan untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk yang bekerja, jumlah pengangguran dan indikator ketenagakerjaan lainnya.

Kegiatan Sakernas dilaksanakan melalui tahapan pemutakhiran/updating rumahtangga pada blok sensus terpilih dan pencacahan rumahtangga Sampel. Sebelum pelaksanaan kegiatan updating dan pencacahan Sakernas terlebih dahulu diadakan pelatihan petugas. Pelatihan ini dimaksudkan untuk menyamakan konsep dan definisi yang digunakan dalam pelaksanaan lapangan Sakernas 2017, terlebih dengan adanya penyempurnaan dan penambahan beberapa pertanyaan dalam kuesioner.

Mulai tahun 2016, kuesioner Sakernas sudah mengadopsi 2 (dua) konsep baku ketenagakerjaan dari ICLS ke-13 dan ICLS ke-19, meskipun konsep ICLS ke-19 belum diakomodir secara utuh.

Pada Sakernas 2017 dilakukan penyempurnaan kembali penerapan konsep ICLS ke-19 yang mencakup penyempurnaan dan penambahan beberapa pertanyaan dalam kuesioner

BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan Pelatihan Sakernas selama 4 (empat) hari pada tanggal 4-7 Juli 2017 di Hotel Fave, Rembang dengan diikuti sebanyak 30 orang peserta yang terdiri dari 22 orang PCL dan 8 orang PML. Peserta berasal dari organik BPS Kabupaten Rembang dan Mitra Statistik. Pelatihan dipandu oleh Instruktur Daerah, Khaerul Anwar, SST yang merupakan Kasi Statistik Sosial BPS Kabupaten Rembang.  Acara dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Amirudin, S.Si, MMSI dengan memberikan sambutan dan arahan serta membuka secara resmi kegiatan pelatihan tersebut. Dalam sambutannya Kepala BPS Kabupaten Rembang pertama-tama menyampaikan ucapan selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1438 H kepada seluruh peserta pelatihan, selanjutnya Kepala BPS Kabupaten Rembang juga menyampaikan arti pentingnya data sakernas, dimana data ketenagakerjaan menjadi salah satu indikator ukuran keberhasilan pemerintah ataupun lembaga terkait karena berkaitan langsung dengan dunia usaha. Oleh karena itu data yang dihasilkan nantinya benar-benar harus mencerminkan data di lapangan.

 Kepala BPS Kabupaten Rembang menambahkan bahwa tahun 2017 adalah tahun pencanangan kualitas data tentunya akan menjadi tantangan berat bagi BPS. Oleh karena itu, awal mula kualitas data  berada di tangan para petugas lapangan. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah saat berwawancara dengan responden harus dilakukan sesuai SOP, banyak menggali informasi/keterangan (probing) dari responden sehingga diperoleh data yang akurat, isian kuesioner harus riil dan jujur, selain itu petugas diharapkan harus memenuhi/menepati jadwal survei serta harus mengedepankan kualitas data yang dihasilkan.

Untuk Kabupaten Rembang jumlah sampel sakernas Agustus 2017 sebanyak 44 blok sensus. Dimana 11 BS merupakan sampel Sakernas Panel (Februari 2017). Setiap petugas (PCL) mempunyai beban tugas rata-rata 2 blok sensus. Sedangkan untuk PML membawahi 2 orang PCL. Jadwal kegiatan Pemutakhiran/Updating mulai tanggal 17-31Juli 2017 dan pencacahan sampel tanggal 8-31 Agustus 2017.

Selama pelatihan, petugas menerima penyampaian materi dari instruktur. Materi yang diberikan Instruktur dalam Pelatihan Sakernas meliputi penjelasan umum Sakernas, tujuan pengumpulan data Sakernas, konsep dan definisi yang terkait dengan daftar pertanyaan/kuesioner Sakernas (Daftar updating, DSRT, pencacahan sampel dan konsep indikator ketenagakerjaan) serta penjelasan teknis Sakernas Agustus 2017 yang menjadi pedoman bagi petugas pencacah dan pengawas untuk mengatasi berbagai kendala yang terjadi di lapangan nantinya.

Dijelaskan juga bahwa kegiatan sakernas 2017 dilaksanakan secara semesteran. Semester I dilaksanakan bulan Februari 2017 dan Semester II pada bulan Agustus 2017.  Pada Sakernas semester II ini, blok sensus yang merupakan BS Sakernas Februari 2017 (Panel) tidak perlu dilakukan tahapan pemutakhiran/updating rumah tangga. Pemutakhiran rumah tangga sudah dilakukan pada saat Sakernas Februari 2017. Sehingga pada blok sensus panel ini akan langsung dilakukan pencacahan rumah tangga sampel. Panel Survei artinya rumahtangga sampelnya merupakan rumahtangga sampel yang sama pada Sakernas Februari 2017, yang nantinya rumah tangga tersebut akan didata kembali selama 2 tahun (4 semester) yaitu sampai dengan tahun 2018, dimana pemutakhiran/updating dapat langsung dilakukan pencacahan rumah tangga.

Sistem pelatihan menggunakan sistem pembelajaran dua arah, pada saat pelatihan tercipta suasana diskusi yang baik. Di samping penyampaian materi, untuk mengaplikasikan penguasaan materi dan cara pengisian kuesioner yang didapat pada saat pelatihan selanjutnya diadakan roleplaying dengan menghadirkan responden dari luar.

Mudah-mudahan materi yang disampaikan pada saat pelatihan dapat menjadi bekal dan pedoman bagi petugas dan dapat diterapkan di lapangan dan diharapkan agar pelaksanaan Sakernas Agustus 2017 dapat berjalan dengan lancar, selesai tepat waktu dan menghasilkan output/outcome yang baik sehingga data ketenagakerjaan yang dihasilkan lebih berkualitas dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna data. (SR)

 

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia