Briefing Officer Listing Subround 3 Year 2017 BPS Kabupaten Rembang - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Briefing Officer Listing Subround 3 Year 2017 BPS Kabupaten Rembang

Briefing Officer Listing Subround 3 Year 2017 BPS Kabupaten Rembang

August 28, 2017 | BPS Activities


 Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan melaksanakan kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin seksi statistik produksi yaitu survei ubinan. Di tengah padatnya agenda besar BPS saat ini yaitu pelaksanaan SE2016-Lanjutan, bukan berarti survei rutinan BPS terlupakan dan menjadi terkendala. Kesemuanya harus terlaksana sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Survei ubinan tanaman pangan rutin dilaksanakan setiap tahun, dengan pelaksanaannya dilakukan dalam 3 subround, yaitu subround 1 (periode Januari-April), subround 2 (periode Mei-Agustus), subround 3 (periode September-Desember). Dan untuk jadwal sekarang sudah memasuki subround 3. Ubinan dilakukan terhadap tanaman pangan yaitu padi dan palawija (padi sawah, padi ladang, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar).

Seiring dengan Reformasi Birokrasi, setiap survei maupun sensus yang dilaksanakan harus menghasilkan data dan informasi statistik yang berkualitas. Dengan demikian kepercayaan para pengguna data akan meningkat dan data yang dihasilkan nantinya dapat diakses oleh siapapun dengan mudah dan cepat. Guna peningkatan kualitas data dari setiap survei atau sensus yang dihasilkan tentu tidak terlepas dari peran para petugas di lapangan.

Sebelum pelaksanaan lapangan, dilakukan pembekalan materi (briefing) kepada para petugas. Briefing ini dimaksudkan untuk merefresh atau mengingatkan kembali akan konsep dan definisi serta tata cara pengisian kuesioner yang akan digunakan dalam pelaksanaan lapangan, yang mungkin oleh petugas sudah lupa atau bahkan sebelumnya ada yang belum pernah sama sekali menjadi petugas survei dimaksud.

BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan briefing petugas selama 1 (satu) hari yang dilaksanakan pada tangga 21 Agustus 2017 di Aula Kantor BPS Kabupaten Rembang. Peserta briefing sebanyak 18 orang yang terdiri dari 15 orang sebagai PCL yang semuanya berasal dari Mitra Statistik dan 3 orang sebagai PML dari organik BPS Kabupaten Rembang. Total sampel listing ubinan di Kabupaten Rembang sebanyak 28 blok sensus. Rata-rata setiap petugas nantinya mengerjakan listing ubinan sebanyak 1-2 blok sensus.

Acara briefing dibuka langsung oleh Kasi Statistik Produksi, Drs. Sumitro dan penyampaian materi dipandu oleh Mustaghwiroh, S.Stat (staf seksi statistik produksi). Selama briefing disampaikan materi-materi terkait listing ubinan seperti konsep definisi, metodologi, tata cara pemutakhiran rumah tangga, dan tata cara pengisian daftar SUB-P serta SOP kegiatan yang digunakan dalam survei ini.

Mudah-mudahan materi yang disampaikan pada saat briefing dapat menjadi bekal dan pedoman bagi para petugas dan dapat diterapkan di lapangan serta harapannya agar pelaksanaan listing ubinan di Kabupaten Rembang untuk subround 3 ini dapat berjalan lancar, selesai tepat waktu dan data yang dihasilkan lebih berkualitas. Semoga kegiatan ini menjadi penyemangat bagi para petugas di tengah padatnya pekerjaan di BPS Kabupaten Rembang, sehingga tujuan Reformasi Birokrasi dapat tercapai. “Suatu perubahan yang dilaksanakan suatu organisasi tidak serta merta dapat berjalan dengan lancar tanpa resistensi dari lingkungan internal maupun eksternal”.  (SR)

 

……Tetap Semangat dan Salam PIA……

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia