Finalisasi Peta Dari Lapangan (Bagian 3) - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Finalisasi Peta Dari Lapangan (Bagian 3)

Finalisasi Peta Dari Lapangan (Bagian 3)

May 23, 2019 | BPS Activities


Tahap akhir pelaksanaan lapangan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 ada proses finalisasi peta. Dimana peta SP2020WA-Sementara dan SP2020WB-Sementara yang dihasilkan oleh pemeta harus sudah sesuai dengan dokumen LK-M. Sebagai contoh, apabila dalam satu desa yang menjadi wilayah tugasnya terdapat 8 LK-M, maka dalam peta SP2020WA-Sementara dan SP2020WB-Sementara terdapat 8 SLS/Non SLS dan sudah diwarnai sesuai dengan kaidah penggambaran.

Demikian halnya dengan PML, pada tahap finalisasi ini PML sudah melakukan penyesuaian antara SP2020.RS yang berisi nama-nama SLS/Non SLS, LK-M dari pemeta yang telah dikoreksi, SP2020.RD yang merupakan rekap dari LK-M, dan SP2020WA-Sementara. Sebagai coordinator dari pemeta, PML berkewajiban untuk membuat peta SP2020WA-Sementara dalam kondisi final, dimana petanya sudah diwarnai sesuai kaidah penggambaran dan dimintakan cap dan tanda tangan kepala desa sebagai bentuk legalitas.

Proses finalisasi peta ini sedianya berlangsung pada rekon ke-3, yaitu antara tanggal 20-22 Mei 2019. Pada saat rekon ke-3 berlangsung, beberapa kecamatan berinisiatif mengumpulkan pemeta dan PML dalam satu kecamatan, sehingga akan mempermudah proses finalisasi peta. Hal ini dikarenakan adanya perubahan batas desa, yang secara otomatis akan berpengaruh terhadap batas dengan sebelahnya. Dengan bertemunya semua petugas dalam satu kecamatan ini akan mempermudah proses koordinasi. Selain itu juga akan dihasilkan peta final yang standar, mengingat sampai saat rekon ke-3 berlangsung, masih ada pemahaman yang berbeda, berkaitan dengan kaidah penggambaran peta.

Pada saat rekon ke-3, seharusnya menghasilkan dokumen final Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 yang siap dibawa ke BPS Kabupaten Rembang. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya masih ada beberapa tim yang belum bisa mengumpulkannya pada saat selesai rekon ke-3 tersebut. Permasalahan yang terjadi dikarenakan, pada saat rekon ke-3 ini pemeta barus mulai memfinalkan peta, sehingga tidak cukup waktu yang ada saat rekon untuk melakukan finalisasi peta.

Proses finalisasi peta tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa karena dikhawatirkan terjadi kesalahan penggambaran peta, sehingga bisa menurunkan kualitas peta yang dihasilkan. Sebagai solusi alternatifnya dibuat kesepakatan kepada PML agar dokumen hasil Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 harus dikumpulkan paling lambat tanggal 24 Mei 2019. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan peta yang berkualitas.(ipds)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia