Meriahnya HSN Bersama Mitra Statistik - News - BPS-Statistics Indonesia Rembang Regency

In 2024 the number of poor people in Rembang Regency will be 91.45 thousand or 14.02 percent.

To get the BPS data, please come to an Integrated Services Statistics BPS Rembang, Jl. Youth KM.1 Rembang on weekdays from 08.00 till 15.30 pm.

At the moment, Rembang Regency in Figures 2024 is available and can be accessed here.

Meriahnya HSN Bersama Mitra Statistik

Meriahnya HSN Bersama Mitra Statistik

October 2, 2019 | Other Activities


Pada setiap tanggal 26 September, keluarga besar BPS selalu memperingati Hari Statistik Nasional (HSN). Setiap tahun diperingati dengan meriah, mulai dari BPS Pusat sampai dengan BPS di daerah. Pada peringatan HSN tahun 2019 mengambil tema “Menuju Indonesia Maju Dengan SDM dan Data Berkualitas”. BPS Kabupaten Rembang memeriahkan HSN secara maraton yang dimulai pada tanggal.

Rangkaian peringatan HSN di BPS Kabupaten Rembang dimulai pada tanggal 15 September 2019 dengan menyelenggarakan lomba infografis dengan memanfaatkan ragam data yang dihasilkan BPS. Sebelum pelaksanaan lomba, para pegawai BPS Kabupaten Rembang dibekali sharing pengetahuan pembuatan infografis oleh staf Seksi IPDS. Dengan demikian para pegawai akan termotivasi untuk membuat infografis yang menarik.

Acara selanjutnya adalah jalan santai pada tanggal 20 September 2019 yang diikuti oleh seluruh pegawai BPS Kabupaten Rembang. Jalan santai yang menempuh rute jalan Pemuda menuju pasar Rembang, depan perumahan Sumbermukti, dan belok ke arah pemukiman warga hingga akhirnya kembali ke kantor BPS Kabupaten Rembang merupakan upaya memasyarakatkan BPS. Dengan demikian BPS akan lebih dikenal oleh masyarakat.

Seusai kegiatan jalan santai dilanjutkan dengan perlombaan tenis meja di Kantor BPS Kabupaten Rembang. Tidak seperti tenis meja pada umumnya yang dilakukan secara single atau double, akan tetapi untuk kemeriahan acara, maka lomba tenis meja dilakukan secara triple. Untuk mengefisiensikan waktu yang ada, maka lomba tenis meja menerapkan sistem gugur, hingga akhirnya lomba selesai pada sore hari.

Sebagai bentuk kepedulian pegawai BPS Kebupaten Rembang kepada masyarakat, di tengah musim kemarau panjang yang terjadi saat ini, para pegawai BPS Kabupaten Rembang melaksanakan bakti sosial penyaluran air bersih. Penyaluran air bersih dimulai pada tanggal 24 September 2019 di Kecamatan Bulu dengan didampingi oleh Ketua Panitia HSN, KSK Bulu, dan Mitra Statistik.

Untuk menjalin kerjasama yang baik antara BPS dengan para Mitra Statistik maka BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan Senam SP2020 dan Fun Game di pantai Karang Jahe pada tanggal 25 September 2019. Acara yang diikuti oleh seluruh pegawai BPS Kabupaten Rembang dan 65 orang Mitra Statistik andalan BPS Kabupaten Rembang dibuka secara simbolis oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang dan dilanjutkan dengan senam SP2020 di atas pasir pantai.

Selesai dilakukan Senam SP2020, para Mitra Statistik melakukan pengumpulan dana sukarela untuk melakukan bakti sosial penyaluran air bersih. Hasil dari pengumpulan dana tersebut kemudian digabungkan dengan dana sebelumnya yang bersumber dari para pegawai BPS Kabupaten Rembang sebelumnya. Untuk menunjukkan kepedulian pegawai dan mitra statistik, maka pada hari itu juga perwakilan pegawai dan Mitra Statistik BPS Kabupaten Rembang melakukan penyaluran air bersih di Kecamatan Pamotan.

Kegiatan bersama mitra Statistik semakin meriah saat dilangsungkan fun game. Tampak keceriaan di wajah para peserta saat bermain fun game bersama. Saat memasuki akhir acara dilakukan pengundian door prize oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang dan penyerahan hadiah kepada para pemenang fun game. Untuk menunjukkan kekompakan antara pegawai dan mitra, diakhir acara dilanjutkan dengan foto bersama di depan back drop peringatan HSN 2019

Puncak acara HSN adalah tanggal 26 September 2019 yang diperingati dengan upacara bendera di depan kantor BPS Kabupaten Rembang. Upacara dilakukan dengan pembacaan sejarah hari statistik oleh petugas dan pembacaan sambutan Kepala BPS Republik Indonesia oleh Inspektur upacara. Di tengah pelaksanaan upacara bendera, dilakukan penyerahan tanda jasa Karya Lancana Satya 10 tahun kepada para pegawai BPS Kabupaten Rembang yang memperoleh penghargaan tersebut.

Peringatan HSN berlanjut dengan pemotongan tumpeng di Aula BPS Kabupaten Rembang oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang. Sebagai rangkaian acara puncak, maka dilanjutkan dengan penyampaian pengumuman pemenang lomba infografis dan lomba tenis meja. Peringatan HSN 2019 terasa sangat istimewa, karena pada tahun 2020 BPS akan menyelenggarakan Sensus Penduduk.(ipds17)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia