Pemutakhiran Blok Sensus Susenas Maret 2015 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pemutakhiran Blok Sensus Susenas Maret 2015

Pemutakhiran Blok Sensus Susenas Maret 2015

24 Februari 2015 | Kegiatan Statistik


     Salah satu survei yang diselenggarakan oleh BPS secara rutin setiap tahun adalah Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Melalui susenas dikumpulkan data yang berkaitan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat meliputi kondisi kesehatan, pendidikan, fertilitas, keluarga berencana, perumahan dan kondisi sosial ekonomi lainnya. Data dan indikator dari Susenas telah dipergunakan secara luas dan dipandang sebagai salah satu bukti penting yang dapat berguna untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi program pemerintah.
     Susenas 2015 dilaksanakan 2 (dua) kali setahun, masing-masing pada bulan Maret dan September. Pencacahan bulan Maret dengan jumlah sampel besar untuk menghasilkan data yang representatif sampai dengan tingkat kabupaten/kota, pencacahan bulan September dengan ukuran sampel kecil untuk menghasilkan data yang representatif hanya untuk estimasi provinsi dan nasional. Susenas diawali dengan kegiatan pemutakhiran muatan rumah tangga dalam blok sensus terpilih. Berbekal peta blok sensus terpilih, petugas akan mengecek keberadaan rumah tangga yang ada dalam daftar preprinted sesuai kondisi lapangan dan akan menambahkan rumah tangga yang belum ada dalam daftar preprinted. Pemutakhiran juga dilakukan pada peta dengan menyesuaikan peta SP2010-WB dengan kondisi sebenarnya.
    Kegiatan pemutakhiran blok sensus Susenas dilaksanakan pada 21-26 Februari 2015. Sampel di Kabupaten Rembang pada Susenas Maret 2015 sebanyak 72 blok sensus yang tersebar di 65 desa/kelurahan. Dalam pemutakhiran rumah tangga, juga ditanyakan pendidikan tertinggi yang ditamatkan oleh kepala rumah tangga dan jumlah anggota rumah tangga, yang selanjutnya dari tiap blok sensus akan dipilih sampel sebanyak 10 (sepuluh) rumah tangga untuk dicacah kondisi sosial ekonominya.
     Pengawasan lapangan sebagai penjaminan dari kualitas data, dilaksanakan secara simultan oleh pengawas untuk memastikan rumah tangga hasil pemutakhiran sudah eligible sebagai sampel. Refreshing petugas menjelang pelaksanaan pemutakhiran blok sensus, yaitu pada tanggal 17-18 Februari 2015 dirasakan efektif karena pada pelaksanaannya tidak ditemukan kesalahan yang berarti. Komunikasi yang lancar dan berkesinambungan antara petugas dan pengawas menjadikan target penyelesaian pemutakhiran rumah tangga dan bangunan di blok sensus terpilih dapat terpenuhi. Semoga ini menjadi preseden yang baik terhadap tahapan pelaksanaan Susenas berikutnya yaitu pencacahan lengkap pada 1-20 Maret 2015. (Car)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik