Pelatihan Petugas SE2016, “Aku Siap Mendata” - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Petugas SE2016, “Aku Siap Mendata”

Pelatihan Petugas SE2016, “Aku Siap Mendata”

9 April 2016 | Kegiatan Statistik


Rangkaian kegiatan Sensus Ekonomi 2016 di Kabupaten Rembang saat ini memasuki tahapan pelatihan petugas pencacah (PCL) dan pengawas (PML). Petugas yang di latih berjumlah 519 orang, terbagi menjadi 4 gelombang dengan jumlah kelas sebanyak 18 kelas dan 9 instruktur daerah. Pelatihan di selenggarakan di Hotel Fave Rembang, mulai tanggal 5 sampai dengan 21 April mendatang, dengan waktu pelatihan selama 4 hari untuk PCL dan 5 hari untuk PML.

Pelatihan gelombang pertama, 5-9 April 2016, diikuti 148 peserta dari 7 kecamatan, yaitu: Sumber, Bulu, Gunem, Sale, Sedan, Kaliori dan Sluke. Berkesempatan hadir pada pembukaan gelombang pertama, yatu Kabid Statistik Produksi BPS Provinsi Jawa Tengah, Totok Taviriyanto, untuk memberikan arahan sekaligus membuka pelatihan. Dalam arahannya, Beliau mengucapkan selamat kepada peserta atas terpilihnya sebagai calon petugas SE2016. Dilanjutkan dengan penekanan mengenai pentingnya data SE2016 yang nantinya dihasilkan untuk berbagai pihak, sehingga semua petugas agar melaksanakan sesuai SOP yang ditetapkan. Setiap petugas diharuskan untuk gigih, tangguh, komunikatif, ramah, memaknai setiap pertanyaan dan mampu menggali atas apa yang akan di capai dari pertanyaan tersebut agar di dapatkan jawaban yang benar dan konsisten. Dan dengan bacaan basmallah, pelatihan calon petugas SE2016 di Kabupaten Rembang secara resmi di buka. Untuk lebih memberikan motivasi dan support kepada petugas SE2016 untuk bekerja secara benar dan jujur, selepas pembukaan, dilanjutkan dengan tausiyah dari Kemenag Kabupaten Rembang oleh Bapak Drs. H. M. Ali Anshori.

Dari pelatihan petugas nantinya diharapkan petugas menguasai konsep, definisi dan berbagai hal teknis terkait pelaksanaan lapangan nantinya. Harus di akui, keberhasilan kegiatan listing SE2016 ini sangat ditentukan oleh kemampuan petugas lapangan dalam mengidentifikasi keberadaan usaha dan menggali keterangan lainnya dari para responden. Untuk mematangkan kesiapan petugas dalam mendata usaha yang ada, pada hari ketiga pelatihan dilaksanakan try out dengan lokasi di sekitar tempat pelatihan. Try out di harapkan dapat memberi gambaran yang lebih konkrit terhadap apa yang nantinya petugas lakukan. Dengan try out, petugas dapat memaksimalkan kesempatan tersebut untuk melatih dan menguji kemampuan wawancara dan bagaimana menggali jawaban dari responden sekaligus memastikan konsistensi isian yang diberikan oleh responden. Evaluasi secara berkala dan menyeluruh juga dilaksanakan untuk mendapatkan petugas yang benar-benar siap mendata.

      MARI DUKUNG DAN SUKSESKAN SE2016, untuk ekonomi Indonesia umumnya dan Kabupaten Rembang khususnya yang lebih baik. (CAR).
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik