Pengenalan dan Pelaksanaan Survei-Survei Neraca Tahun 2017 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pengenalan dan Pelaksanaan Survei-Survei Neraca Tahun 2017 BPS Kabupaten Rembang

Pengenalan dan Pelaksanaan Survei-Survei Neraca Tahun 2017 BPS Kabupaten Rembang

2 Mei 2017 | Kegiatan Statistik


        Pada tahun 2017, kembali Seksi Neraca dan Analisis Statistik mempunyai beberapa jenis kegiatan/survei baik yang pelaksanannya secara tahunan maupun triwulanan. Untuk survei yang triwulanan periode pencacahannya adalah sebagai berikut : Triwulan I yakni pada periode Januari-Maret, Triw II periode April-Juni, Triw III periode Juli-September, dan Triw IV periode Oktober-Desember.

        Untuk survei-survei neraca yang pelaksanaannya secara triwulanan dan tahunan (pelaksanaan di bulan April) antara lain :

1. Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga (SKKRT)

        Survei ini mencatat pengeluaran rumah tangga menurut 12 kelompok COICOP. Barang yang dikonsumsi bisa diperoleh dari pembelian, produksi sendiri atau pemberian dari pihak lain, kecuali pengeluaran untuk aset tetap dan pengeluaran untuk kepentingan usaha.

        Untuk Kabupaten Rembang jumlah sampel sebanyak 20 rumah tangga. Petugas pencacahan adalah organik BPS Kabupaten Rembang.

2. Survei Khusus Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (SKLNPRT)

        Survei ini mencatat pendapatan dan pengeluaran lembaga non profit yang melayani rumah tangga sebanyak 10 LNPRT setiap triwulan. Untuk Kabupaten Rembang jumlah sampel triwulanan sebanyak 10 LNPRT. Sedangkan untuk LNPRT Tahunan sampel sebanyak 5 LNPRT Petugas pencacahan adalah organik BPS Kabupaten Rembang.

3. Survei Khusus Triwulanan Neraca Produksi Sektor Barang (SKTNP-B)

        Survei ini mencatat data produksi dan data harga yang merupakan dasar dalam penyusunan PDRB. Sektor usaha yang dicakup antara lain: Industri pengolahan, penggalian/pertambangan, Peternakan dan Pengelolaan Limbah. Untuk Kabupaten Rembang jumlah sampel sebanyak 4 perusahaan/usaha. Petugas pencacahan adalah organik BPS Kabupaten Rembang.

4. Survei Khusus Sektor Jasa (SKSJ)

        Survei ini mencatat penghitungan PDB/PDRB sektor jasa dan untuk mengetahui struktur distribusi dan permintaan komoditas terpilih.

        Untuk Kabupaten Rembang jumlah sampel sebanyak 4 usaha sektor perdagangan

Petugas pencacahan adalah organik BPS Kabupaten Rembang.

5. Survei Khusus Perusahaan Swasta (SKPS)

        Survei ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang karakteristik korporasi/Perusahaan Swasta Non Finansial, seperti struktur permodalan, jumlah tenaga kerja dan informasi hasil transaksi usaha korporasi melalui laporan keuangan perusahaan. Untuk Kabupaten Rembang jumlah sampel sebanyak 3 usaha sektor industri, perdagangan dan konstruksi

Petugas pencacahan adalah organik BPS Kabupaten Rembang.

6. Survei Khusus Studi Penyusunan Perubahan Inventori (SKSPPI)

        Survei ini bertujuan untuk memperoleh data kuantitas dan nilai inventori persediaan awal dan akhir, memperoleh pola dan struktur inventori menurut lapangan usaha dan memperoleh informasi mengenai rasio inventori terhadap nilai produksi.

         Untuk Kabupaten Rembang jumlah sampel sebanyak 3 usaha sektor industri, penggalian dan konstruksi

Petugas pencacahan adalah organik BPS Kabupaten Rembang.

7. Updating Direktori LNP

        Survei ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan lembaga non profit di suatu daerah Untuk Kabupaten Rembang jumlah sampel sebanyak 6 dinas (Kemenag, disbudpar, Sosial, Kesbanglinmas, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan) dan petugas pencacahan adalah organik BPS Kabupaten Rembang.

        Berharap pelaksanaan Survei-survei Neraca 2017 di Kabupaten Rembang dapat berjalan dengan lancar, tepat waktu, dapat menghasilkan data yang berkualitas, baik dari tahap pengumpulan data di lapangan oleh petugas maupun dari sisi jawaban responden. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik