Pelaksanaan Survei-Survei Neraca Triwulan III Tahun 2018 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelaksanaan Survei-Survei Neraca Triwulan III Tahun 2018 BPS Kabupaten Rembang

Pelaksanaan Survei-Survei Neraca Triwulan III Tahun 2018 BPS Kabupaten Rembang

15 Oktober 2018 | Kegiatan Statistik


Memasuki triwulan 3 tahun 2018 ini, survei-survei rutin dari seksi neraca dan analisis statistik (nerwilis) kembali dilaksanakan. Survei-survei tersebut diantaranya :

1.   Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga (SKKRT)

 

SKKRT disajikan untuk menunjang penghitungan komponen konsumsi rumah tangga triwulanan Produk Domestik Bruto dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Jumlah sampel di Kabupaten Rembang sebanyak 20 responden (rumah tangga) dengan petugas sebanyak 10 orang. Setiap petugas mengerjakan 2 rumah tangga. Jadwal pencacahan 1-10 Oktober 2018.

 

2.   Survei Khusus Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (SKLNPRT)

 

Tujuan dari survei ini adalah untuk memperoleh pola konsumsi LNPRT triwulanan, di samping itu untuk meningkatkan kualitas data konsumsi LNPRT triwulanan, dimana pola konsumsi tersebut digunakan untuk menyusun komponen PDB dari sisi penggunaan triwulanan.

Jumlah sampel di Kabupaten Rembang sebanyak 10 responden (LNPRT) dengan petugas sebanyak 10 orang. Setiap petugas mengerjakan 1 responden LNPRT. Jadwal pencacahan 1-10 Oktober 2018.

Pada triwulan ini ada penggantian sampel 1 responden karena kendala responden yang sulit untuk ditemui di setiap triwulannya.

 

3.   Survei Khusus Triwulanan Neraca Produksi Sektor Barang (SKTNP-B)

 

Survei ini mencatat data produksi dan data harga yang merupakan dasar yang digunakan sebagai indikator dalam penyusunan data PDRB. Sektor usaha yang dicakup antara lain: Industri pengolahan, penggalian/pertambangan, Peternakan dan Pengelolaan Limbah. Untuk Kabupaten Rembang jumlah sampel sebanyak 4 perusahaan/usaha. Petugas pencacahan adalah organik BPS Kabupaten Rembang ssebanyak 4 orang yang masing-masing mengerjakan 1 responden. Jadwal pencacahan 1-10 Oktober 2018.

 

4.   Survei Tendensi Bisnis (STB)

 

Tujuan dari survei ini adalah untuk menghitung dan menganalisis Indeks Tendensi Bisnis (ITB) yang dapat memberikan informasi dini mengenai  kondisi bisnis secara triwulanan di Indonesia umumnya dan di kabupaten Rembang khususnya. Disambing itu tujuan lainnya memberikan perkiraan mengenai kondisi bisnis dalam tiga bulan ke depan. Adapun sampel survei ini adalah perusahaan besar dan sedang. Dan di Rembang sendiri terdapat 4 (empat) sampel perusahaan dengan petugas pendata 1 orang. Adapun sampel tersebut adalah PT. Telkom, PT Telkomsel, Penyiaran Radio R2B dan perusahaan pemasangan TV Kabel.

 

Berharap semoga pelaksanaan survei-survei seksi nerwilis pada triwulan 3 ini berjalan dengan lancar, tepat waktu, dan dapat menghasilkan data yang berkualitas, baik dari tahap pengumpulan data di lapangan maupun dari sisi jawaban responden sehingga hasilnya dapat digunakan secara maksimal dalam penyusunan PDB/PDRB.  (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik