Survei Neraca Triwulan III Tahun 2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Survei Neraca Triwulan III Tahun 2020

Survei Neraca Triwulan III Tahun 2020

16 Oktober 2020 | Kegiatan Statistik


Usai sudah pelaksanaan lapangan Sensus Penduduk 2020. Masih dalam kondisi pandemi Covid-19 tidak terasa waktupun sudah memasuki triwulan ketiga di tahun 2002. Selepas agenda nasional SP2020 berakhir, pekerjaan lainpun sudah mulai menyapa. Begitupun tidak menyurutkan semangat petugas lapangan untuk menyelesaian pekerjaannya dengan tepat waktu. Salah satunya adalah pekerjaan di seksi nerwilis. Dalam pengumpulan data di lapangan, petugas tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

 

Survei triwulanan dari seksi neraca wilayah dan analisis statistik (Nerwilis) diantaranya survei :

 

Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga (SKKRT)

Rumah tangga merupakan konsumen terbesar dalam perekonomian Indonesia. Begitu juga dengan kekuatan perekonomian Rembang dipengaruhi oleh pengeluaran konsumsi rumah tangga (PKRT). Porsi PKRT dalam PDRB Rembang sebesar 71,76 persen pada tahun 2019. Sedangkan pertumbuhan PKRT sebesar 5,99 persen pada tahun yang sama.

 

Tujuan SKKRT adalah untuk mengetahui pola pengeluaran konsumsi rumah tangga triwulanan, memperoleh indikator pendukung konsumsi triwulanan. Jumlah sampel survei ini sebanyak 30 rumah tangga dengan golongan pendapatan yang sudah ditentukan. Sampel survei ini merupakan panel survei dari triwulan sebelumnya. Jadwal pelaksanaan mulai tanggal 1-10 Oktober 2020.

 

Survei Khusus Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (SKLNPRT)

Tujuannya untuk melihat pola konsumsi LNPRT triwulanan. Porsi PKLNPRT dalam PDRB Kab Rembang tahun 2019 sebesar 1,57 persen. Peranan konsumsi akhir LNPRT ini sangat kecil dibandingkan dengan komponen pengeluaran lainnya.

 

Selain itu, kegiatan survei tersebut digunakan untuk menghitung pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan LNPRT setiap triwulan dalam rangka penghitungan PDB triwulanan dan PDRB.

 

Jumlah sampel survei ini sebanyak 10 sampel meliputi lembaga LNPRT seperti Masjid, Pramuka, GABSI, Banser, PDI, PPNI, GP. Anshor, dan Pemuda Pancasila. Jadwal pelaksanaan mulai tanggal 1-10 Oktober 2020.

 

Survei Khusus Triwulanan Neraca Produksi Barang (SKTNPB)

Survei ini bertujuan untuk mengetahui pola produksi dan pendapatan triwulanan perusahaan/usaha dan hasil survei ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan PDB/PDRB triwulanan.

 

Jumlah sampel SKTNB triwulan III ini sebanyak 5 meliputi usaha  ternak ayam, pengelolaan air bersih, industri es balok dan ekstraksi garam. Jadwal pelaksanaan mulai tanggal 1-10 Oktober 2020.

 

Survei Indikator PDRB

Tujuan survei ini adalah untuk menghitung PDRB triwulanan di tingkat Kabupaten/kota. Jumlah sampel sebanyak 17 sampel dan dikerjakan oleh semua KSK. Setiap petugas mengerjakan 1-3 sampel. Jadwal pelaksanaan mulai tanggal 1-15 Oktober 2020.

 

Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan lancar, selesai tepat waktu sehingga hasilnya dapat secepatnya digunakan untuk menghitung PDRB triwulanan di Kabupaten/Kota. (Jq)

 

Diharapkan survei-survei tersebut dapat berjalan lancar, selesai tepat waktu sehingga hasilnya dapat digunakan secara maksimal dalam penyusunan PDB/PDRB triwulanan maupun tahunan.     

 

Tetap semangat!! Jaga kesehatan dan keselamatan dan patuhi protokol kesehatan. (Jq)

 


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik