Briefing Penjaminan Kualitas (PK) SE2016-Lanjutan BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Briefing Penjaminan Kualitas (PK) SE2016-Lanjutan BPS Kabupaten Rembang

Briefing Penjaminan Kualitas (PK) SE2016-Lanjutan BPS Kabupaten Rembang

21 Agustus 2017 | Kegiatan Statistik


Guna menghasilkan data SE2016-Lanjutan yang berkualitas, BPS Kabupaten Rembang memperkuat pengawasan dan pemeriksaan di lapangan. Lagi-lagi masalah kualitas data yang masih menjadi persoalan utama. Berbagai persoalan yang muncul dalam pelaksanaan SE2016-Lanjutan secara serius akan mempengaruhi kualitas data.  Guna memperbaiki dan mengantisipasi adanya kelemahan dan kekurangan yang terjadi pada saat pelaksanaan SE2016-Lanjutan, diperlukan kegiatan Penjaminan Kualitas (Quality Assurance), yaitu kegiatan yang ditujukan untuk memonitor pelaksanaan SE2016-Lanjutan khususnya dan sekaligus mengukur tingkat kualitasnya. Kegiatan ini untuk menjamin pelaksanaan SE2016-Lanjutan berjalan sesuai prosedur dan mengurangi non sampling error. Penjaminan kualitas atas proses kegiatan dan output yang dihasilkan tetap menjadi prioritas utama. Penjaminan Kualitas (PK) ini berperan sebagai early warning pada setiap tahapan pelaksanaan SE2016-Lanjutan bila terjadi indikasi pelanggaran SOP dan kesalahan isian, untuk segera ditindaklanjuti dan secara khusus ditujukan untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan yang akan terjadi pada seluruh tahapan pelaksanaan SE2016-Lanjutan.

Kegiatan penjaminan kualitas akan mengukur tingkat kualitas pelaksanaan SE2016-Lanjutan berdasarkan 6 (enam) dimensi kerangka penjaminan kualitas yang digunakan BPS atau yang dikenal dengan BPS-QAF (Quality Assurance Framework BPS ) yaitu relevance (relevansi), accuracy (akurasi), timeliness (aktualitas) dan punctuality (tepat waktu), accessibility (aksesibilitas), interpretability (interpretabilitas), coherence (koherensi) and comparability (keterbandingan).

Di Kabupaten Rembang petugas Penjaminan Kualitas adalah Ibu Pudyastuti Saptaningsih, SE (Staf Seksi Statistik Pertanian, BPS Provinsi Jawa Tengah), yang sebelumnya sudah dibriefing di BPS Provinsi Jawa Tengah. Jadwal pelaksanaan penjaminan kualitas di Kabupaten Rembang berlangsung selama 5 (lima) hari, mulai tanggal 14-18 Agustus 2017. Di hari ke-2 petugas Penjaminan Kualitas (PK) BPS Provinsi Jawa Tengah memberikan briefing terkait materi penjaminan kualitas kepada seluruh pejabat struktural BPS Kabupaten Rembang dan dihadiri oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Amirudin, S.Si, MMSI. Di akhir briefing tersebut akhirnya dipilih Sdr. Miyan Andi Irawan, SST, MSE sebagai ketua tim (koordinator) penjaminan kualitas hasil SE2016-Lanjutan untuk Kabupaten Rembang.

Hasil briefing dengan pejabat struktural adalah bahwa petugas penjaminan kualitas (PK) meminta dokumen hasil pendataan SE2016-Lanjutan yang sudah selesai di lapangan untuk dilakukan pengecekan atau pemeriksaan dokumen sebanyak 2 dokumen setiap PCS. 2 (dua) dokumen tersebut bebas, bisa dokumen UMK maupun UMB. Sedangkan untuk dokumen UMB petugas PK menargetkan 15 dokumen dan apabila kurang dari 15 dokumen UMB, petugas PK meminta untuk membuat pernyataan dan berita acara. Nantinya hasil pemeriksaan petugas PK akan dientry dan digunakan sebagai laporan monitoring dan bahan evauasi petugas penjaminan kualitas (PK) dan pemeriksaan tersebut juga akan disampaikan ke semua PMS untuk ditindaklanjuti dan diteruskan ke petugas (PCS) terkait hasil pemeriksaan dan temuan petugas PK untuk segera dilakukan perbaikan isian di dokumen. Sehingga dengan demikian kecil kemungkinannya akan terulang kembali kesalahan-kesalahan yang sama. Oleh karenanya kita berharap semoga pelaksanaan SE2016-Lanjutan di Kabupaten Rembang dapat mencapai hasil yang maksimal dan menghasilkan output data yang makin berkualitas. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik