Pastikan Kualitas Data !! Briefing Editing Coding SUTAS 2018 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pastikan Kualitas Data !! Briefing Editing Coding SUTAS 2018 BPS Kabupaten Rembang

Pastikan Kualitas Data !! Briefing Editing Coding SUTAS 2018 BPS Kabupaten Rembang

27 Juni 2018 | Kegiatan Statistik


Salah satu kunci keberhasilan survei BPS selain pendataan di lapangan adalah proses editing coding dokumen. Semua proses ini perlu dikawal guna menjamin keberhasilam Survei Pertanian Antar Sensus (SUTAS) tahun 2018.

BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan briefing editing coding SUTAS 2018 pada tanggal 26 Juni 2018 di Aula BPS Kabupaten Rembang, yang diikuti oleh Staf dan Mitra Statistik pilihan. Tujuan diadakannya briefing adalah untuk minimimalisir kesalahan-kesalahan yang dilakukan petugas dalam mengisi dokumen survei dan dalam upaya untuk meningkatkan akurasi isian dokumen.

Meskipun dokumen sudah melewaati proses pemeriksaan oleh pengawas, akan tetapi masih ditemukan kesalahan yang seharusnya dapat diminimalisir. Hal ini mengindikasikan bahwa pemeriksaan dokumen yang dilakukan oleh pengawas tidak/belum dilakukan secara optimal. Oleh karena itu pada proses editing coding  dokumen, diharapkan kesalahan serupa tidak terulang lagi sehingga kuesioner sudah clean ketika memasuki tahapan pengolahan.

            Briefing dipandu oleh Drs. Sumitro, Kasi Statistik Produksi yang sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan SUTAS 2018. Dalam briefing banyak materi disampaikan beliau. Pada dasarnya yang perlu diperhatikan dalam editing coding dokumen SUTAS 2018 adalah konsistensi antara isian L1 dengan L2, kewajaran isian, kelengkapan isian dan lain sebagainya. Dalam proses editing coding jika ditemukan adamya kesalahan isian, maka editor mengkonfirmasikan kepada pengawas untuk diperbaiki dan apabila kesalahan itu dari petugas, maka akan diperbaiki oleh petugas. Jadi temuan kesalahan-kesalahan sesegera mungkin dilakukan perbaikan isian di dokumen, sehingga dengan demikian kecil kemungkinannya akan terulang kembali kesalahan-kesalahan yang sama.

Oleh karenanya kita berharap semoga pelaksanaan editing coding kegiatan SUTAS 2018 di Kabupaten Rembang dapat mencapai hasil yang maksimal dan menghasilkan output data SUTAS 2018 yang makin berkualitas. (SR)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik