Pelaksanaan Tahap Akhir Survei Kerangka Sampel Area (KSA) 2017 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelaksanaan Tahap Akhir Survei Kerangka Sampel Area (KSA) 2017 BPS Kabupaten Rembang

Pelaksanaan Tahap Akhir Survei Kerangka Sampel Area (KSA) 2017 BPS Kabupaten Rembang

5 September 2017 | Kegiatan Statistik


Tidak terasa pelaksanaan KSA yang sudah berjalan 4 bulan (Mei-Agustus 2017) dengan lingkup Pulau Jawa telah berakhir. Untuk sampel di Kabupaten Rembang sebanyak 94 sampel segmen yang dilaksanakan sampai dengan 4 tahap berjalan dengan lancar dan selesai sesuai jadwal yang ditetapkan. Berbagai Kendala yang terjadi di lapangan selama pelaksanaan KSA dapat diselesaikan dengan baik, mulai dari lokasi yang sulit dijangkau, dan daerah yang membahayakan karena adanya binatang buas. Untuk kendala-kendala tersebut BPS Kabupaten Rembang telah mengajukan penggantian sampel setelah berjalan KSA pada tahap pertama. Sebanyak 23 sampel segmen yang diajukan untuk penggantian sampel dan alhamdulillah semua mendapatkan pengganti dengan lokasi yang dapat dijangkau petugas serta tidak membahayakan.

Berdasarkan hasil FGD (Forum Group Discussion) dalam rangka Evaluasi Ujicoba KSA yang dilaksanakan di Surakarta pada tanggal 30 Agustus 2017 dengan peserta adalah BPS RI, (Direktorat Tanaman Pangan dan Binagram), Bappenas, Kementrian Perekonomian, BPS Propinsi Jateng dan BPS Kab/Kota Se Karesidenan Surakarta, bahwa di tahun 2018 KSA akan dilaksanakan secara bulanan dengan lingkup wilayah seluruh Indonesia. Dan pelatihan KSA 2018 rencana akan dilaksanakan pada akhir tahun 2017.

Untuk selanjutnya kita masih menunggu tindak lanjut dari BPPT bersama dengan BPS untuk mengkaji hasil KSA yang sudah dilaksanakan selama 4 bulan. Harapannya semoga dengan metode KSA ini dapat dipakai untuk mengestimasi luas panen padi secara lebih akurat dengan cara mengumpulkan foto tanaman padi pada berbagai fase tanam yaitu mulai fase pengolahan lahan hingga fase pengolahan pasca panen (satu musim tanam). Sehingga jika metode ini berhasil digunakan, maka dapat dipakai pemerintah dalam mengambil kebijakan program pemerintah dalam meningkatkan kapasitas produksi pertanian guna terwujudnya swasembada pangan khususnya mengenai kebijakan cadangan beras pemerintah, impor beras dan stabilisasi harga beras. (SR)

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik