Usia Bukanlah Penghalang untuk Belajar “First E-Learning Course” - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Usia Bukanlah Penghalang untuk Belajar “First E-Learning Course”

Usia Bukanlah Penghalang untuk Belajar “First E-Learning Course”

19 Februari 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


Mulai hari ini Senin, tanggal 19 Februri 2018 sampai empat minggu ke depan, UN-SIAP kembali mengadakan  e-learning course (kursus secara daring/online). Kali ini temanya adalah First E-Learning Course on Integrated Economic Statistics to Support 2008 SNA Implementation. E-Learning Course kali ini diikuti sekitar 1.600 peserta yang lain dan tidak lain pesertanya merupakan insan-insan BPS, mulai dari BPS pusat sampai dengan BPS daerah.  UN-SIAP akan berkomunikasi langsung dengan peserta training melalui akun pribadi yang telah didaftarkan.

 

Apa itu UN-SIAP?

            UN-SIAP atau United Nation Statistical Institute for Asia and the Pasific, merupakan sebuat pusat pelatihan statistik di Asia dan Pasifik terdiri atas 20 negara, yang salah satunya adalah Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya UN-SIAP adalah untuk meningkatkan penggunaan statistik dalam pengambilan keputusan berdasarkan bukti dan untuk menghasilkan serta menyebarkan statistik kualitas bagi masyarakat yang inklusif, berkelanjutan dan tangguh  di wilayah ESCAP.

 

Apa saja di dalam kursus itu?

            E-Learning Course ini merupakan salah satu program yang diadakan oleh UN-SIAP. Sebenarnya kursus daring/online ini adalah kedua kalinya diadakan. Dengan diadakan training semacam ini, semua orang dapat belajar langsung dari ahli statistic, dimanapun asalkan terhubung dengan internet. Karena peserta yang telah terdaftar, akan memiliki akun di web UN-SIAP dan secara berkala akan dikirimkan modul belajar dan bahan interaktif lainnya. Belajarnya bisa kapan saja, seluangnya asalkan masih dalam kurun waktu kursus tersebut. Selain itu, ada juga fasilitas forum tanya jawab (diskusi) antar peserta dengan mentor untuk membahas hal-hal yang masih mengganjal dan perlu ditanyakan terkait tema yang diusung. Peserta difasilitasi berbagai modul atau bahan ajar untuk dapat dipelajari semua peserta. Tiap beberapa modulnya ada exercise (latihan soal) untuk mengukur kemampuan dan pemahaman peserta training. Training ini akan berakhir  tanggal 16 Maret 2018 dan di akhir jadwal itu nantinya akan ada final test. Pada kesempatan ini BPS Kabupaten Rembang mendaftarkan 5 orang peserta untuk mengikuti e-learning course ini.

            Semua materi, soal latihan, final test, dan forum diskusi semuanya dikemas dalam bahasa inggris. Bukan berarti semua peserta yang terdaftar jago dalam bahasa tersebut. Barangkali ada yang sudah jago banget bahasa inggrisnya, ada juga yang sama sekali tidak paham. Di sinilah kesempatan para peserta untuk dapat memanfaat training ini dengan sebaik-baiknya. Yang tidak/belum dapat berbahasa inggris harus tetap semangat. Selama masih ada fasilitas ‘google translate’, salah satu fasilitas yang dapat dipergunakan untuk membantu peserta dalam memahami kendala bahasa tersebut. Alhamdulillah bisa dicoba dengan ‘mbah google translate’nya. Jika tidak pe-de atau tidak yakin diskusi di forum UN-SIAP dengan bahasa inggris, maka dapat memanfaatkan ‘mbah google translate’ tersebut.  Yang pasti semua itu perlu belajar dan dicoba. Asal ada kemauan dan keinginan tinggi untuk mencoba, tidak ada yang tidak mungkin untuk dipelajari.

            Sekarang, kita belajar tidak mengenal usia.  Belajar sepanjang masa, kapanpun dan dimanapun kita berada. Meski kepada orang yang lebih muda, meski kepada anak kecil sekalipun harus belajar terus dan terus belajar.

             Akhirnya ilmu yang kita dapat dari e-learning course nantinya dapat di’getoktularkan’ ke temen-temen lainnya yang belum berkempatan ikut e-learning course. Dan harapannya akan ada First E-Learning Course berikutnya sehingga dapat memberikan peluang temen-temen di BPS Kabupaten Rembang khususnya, temen-temen BPS Kab/Kota lainnya pada umumnya untuk ikut berpartisipasi.

            Utamanya bagi kita insan BPS, mempelajari sesuatu untuk Data yang Makin Berkualitas akan terus kita jaga, kita pertahankan dan kita tingkatkan. Inshaallah, tentunya semua akan membawa berkah pada organisasi BPS tercinta ini. Amiin  (SR)

 

# Gerakan CiNtA dAtA

# Data Mencerdaskan Bangsa

# Salam PIA




Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik