Pelatihan Petugas Susenas September 2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Petugas Susenas September 2020

Pelatihan Petugas Susenas September 2020

10 September 2020 | Kegiatan Statistik


Persiapan kegiatan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) September 2020 diawali dengan kegiatan pelatihan. Pelatihan calon petugas Susenas September 2020 BPS Kabupaten Rembang dilaksanakan pada tanggal 8-10 September 2020 dengan pembelajaran e-learning. Mengingat masih dalam pandemi covid-19 pelatihan dilaksanakan secara virtual dengan zoom meeting dan diikuti sebanyak 16 orang peserta 10 orang sebagai pencacah lapangan dan 6 orang sebagai pengawas lapangan, dengan instruktur Faisal Lutfi Arif (Staf Seksi Statistik Sosial).

Pelatihan dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Henri Wagiyanto, S.Pt, M.Ec.Dev, MA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Susenas merupakan “mother of survey” yang memiliki peranan penting dalam menghasilkan indikator sosial dan ekonomi. Angka kemiskinan, merupakan salah satu contoh indikator yang dihasilkan dari survei susenas ini.  Susenas dilaksanakan dua kali dalam setahun, pada bulan Maret dan September. Susenas Maret untuk estimasi angka kemiskinan tingkat kabupaten/kota. Sedangkan susenas September pada saat ini akan menghasilkan indikator level provinsi.  Berbeda dengan susenas sebelumnya, susenas kali ini kuesioner didesain seringkas mungkin menyesuaikan kondisi di tengah pandemi covid -19 sehingga lebih memudahkan petugas dan dari sisi respondennya sendiri juga supaya tidak mengalami kejenuhan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan petugas. Susenas September 2020 ini menggunakan kuesioner modul ketahanan sosial (hansos) dan konsumsi/pengeluaran.

Rangkaian pelatihan ini tidak hanya berkutat pada penyampaian materi oleh Instruktur saja tetapi peserta juga melakukan praktek langsung (roleplaying) untuk mewawancarai responden. Roleplaying dilakukan dengan memvideokan hasil wawancara petugas dengan responden (keluarga masing-masing peserta). Selain itu juga dilakukan kuis-kuis dan pendalaman materi kepada petugas melalui e-form.

Keberhasilan dari survei ini juga ditentukan oleh keberhasilan petugas di dalam melakukan pengumpulan data secara langsung. Petugas dituntut untuk memahami konsep dan definisi dari setiap pertanyaan maupun pilihan jawaban dari masing-masing rincian pertanyaan pada kuesioner. Tidak hanya itu, kemampuan petugas dalam melakukan penggalian informasi (probing) juga memiliki peran yang penting untuk menghasilkan data yang berkualitas. Oleh karena itu, mengingat pentingnya survei ini, diharapkan calon petugas dapat mengikuti pelatihan dan menyerap materi dengan baik.

Untuk para calon petugas susenas berhati-hati dalam melaksanakaan tugas nantinya, jaga kondisi kesehatan, patuhi protokol kesehatan. Tetap semangat semoga pelaksanaan susenas di kabupaten Rembang berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu. (Jq)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik