Pelatihan Petugas Susenas Maret 2019 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Petugas Susenas Maret 2019 BPS Kabupaten Rembang

Pelatihan Petugas Susenas Maret 2019 BPS Kabupaten Rembang

8 Februari 2019 | Kegiatan Statistik


Survei Sosial Ekonomi Nasional atau lebih dikenal dengan SUSENAS merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga yang penting di Indonesia. Data yang dihasilkan dari survei ini telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik di dalam maupun di luar negeri. Susenas disamping sebagai salah satu sumber data penting untuk perencanaan dan evaluasi Program Pembangunan Nasional, Susenas juga menjadi sumber data utama untuk penyediaan indikator Sustainable Development Goals (SDGs). Oleh karena itu keberlangsungan datanya harus senantiasa dijaga dan lebih ditingkatkan kualitas datanya.

 

Data-data yang dikumpulkan melalui Susenas ini adalah data yang berkaitan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat yang meliputi kondisi kesehatan, pendidikan, fertilitas, keluarga berencana, perumahan, perlindungan sosial dan kondisi sosial ekonomi lainnya.

 

Guna mempersiapkan pelaksanaan Susenas Maret 2019, pada bulan Februari 2019 ini dilaksanakan Pelatihan Petugas Susenas Maret 2019. Ini merupakan persiapan yang sangat strategis dalam setiap survei atau sensus. Dalam tahap ini berlangsung proses transformasi pengetahuan dan pembentukan keterampilan seorang petugas yang nantinya akan terjun langsung di lapangan. Dari pelatihan ini hasil yang diharapkan nantinya petugas mampu melaksanakan pendataan dengan benar dan lengkap sesuai dengan konsep definisi yang telah diajarkan dan jadwal yang harus dipatuhi.

 

Perbaikan dan penyempurnaan Susenas Maret 2019 akan berarti  jika didukung oleh pendataan yang baik dan benar. Oleh karena itu kesinambungan, ketersediaan dan kualitas data Susenas harus terus dijaga dan ditingkatkan.

 

BPS Kabupaten Rembang menyelenggarakan pelatihan petugas Susenas Maret 2019 di Fave Hotel Rembang. Pelatihan terbagi dalam 2 (dua) gelombang. Gelombang I tanggal 31 januari -3 februari 2019 dan Gelombang II tanggal 4-7 februari 2019. Masing-masing gelombang diikuti sebanyak 30 peserta (20 PCL, 7 PML, 2 panitia dan 1 innas).

 

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Henri Wagiyanto, S.Pt, M.Ec.Dev, MA dengan dipandu Instruktur Nasional (Innas), Khaerul Anwar, SST, Kasi Statistik Sosial BPS Kabupaten Rembang.

 

Dalam sambutannya Kepala BPS Kabupaten Rembang menyampaikan arti pentingnya data susenas, diantaranya untuk penghitungan angka kemiskinan, IPM, Gini Rasio. Beliau juga menekankan pentingnya menjaga kualitas data susenas terutama pada saat pencacahan rumah tangga sampel. Pada susenas Maret 2019 diterapkan sisten 212 dimana 2 hari pencacahan (1 hari 2 responden), 1 hari merapikan dokumen dan 2 hari pengawas melakukan pemeriksaan. Peran pengawas dan pencacah sangat menentukan kualitas data yang dihasilkan. Pengawas memegang fungsi kontrol pertama terhadap kegiatan pencacahan. Pengawas harus melakukan pendampingan petugas minimal untuk 2 rumah tangga pertama di masing-masing blok sensus. Petugas harus melakukan wawancara dan probing lebih mendalam kepada respoden agar didapatkan keterangan atau informasi yang akurat.

 

Dalam rangka mewujudkan One Data,  pada pelaksanaan susenas Maret 2019, BPS bersama dengan Kementerian Kesehatan RI melakukan integrasi Susenas dan Study Status Balita Indonesia (SSGBI). SSGBI pelaksanaannya dilakukan oleh petugas dari balitbangkes pada bulan april 2019 dimana sampel ruta SSGBI menggunakan ruta sampel susenas maret 2019.

 

Beliau juga menyampaikan bahwa pada Susenas tahun sebelumnya sudah menunjukkan hasil yang sangat baik dan maksimal, oleh karena itu perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi kualitas datanya. Tentunya ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak, baik temen-temen pelaksana lapangan maupun pengolahan. Prestasi tersebut akan menjadi motivasi petugas Susenas Maret 2019 untuk benar-benar bekerja secara optimal, lebih meningkatkan kualitas data susenas maupun seluruh kegiatan sensus dan survei yang dilaksanakan BPS.

 

Sebelum mengakhiri sambutannya, beliau memberikan semangat dan dukungan penuh kepada peserta pelatihan agar nantinya para petugas dapat bekerja secara optimal, bertanggung jawab dan tepat waktu. Kepala BPS Kabupaten Rembang mengharapkan bahwa selama mengikuti pelatihan peserta dapat memahami konsep dan definisi, menerapkan metodologi dan Standard Operating Procedure (SOP) yang telah diberikan oleh instruktur. Bangun komunikasi yang baik dengan responden, antar sesama petugas baik sesama pencacah maupun pengawas lapangan. Petugas dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan nantinya dengan tetap melakukan koordinasi dengan pengawas masing-masing.

 

Di pundak para petugas lapangan inilah awal kualitas data susenas ditentukan. Semoga pelaksanaan Susenas Maret 2019 di Kabupaten Rembang berjalan dengan lancar dan dapat mencapai hasil yang lebih baik lagi. (SR)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik