Pelatihan Sakernas Agustus 2021 BPS Kabupaten Rembang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Sakernas Agustus 2021 BPS Kabupaten Rembang

Pelatihan Sakernas Agustus 2021 BPS Kabupaten Rembang

9 Agustus 2021 | Kegiatan Statistik


BPS Kabupaten Rembang kembali menyelenggarakan Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasionl (Sakernas) Agustus 2021. Setelah ada penyesuaian jadwal karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pelatihan dilaksanakan pada tanggal 4-6 Agustus 2021 dengan pembelajaran E-Learning melalui virtual zoom meeting. Pelatihan diikuti oleh sebanyak 24 orang mitra statistik sebagai petugas pencacah (PCL) dan 11 orang organik BPS sebagai pengawas/pemeriksa (PML), yang terbagi dalam 2 (dua) ruang kelas zoom meeting dalam 1 gelombang. Acara dibuka oleh Koordinator Fungsi Statistik Sosial, Herhardana, S.Si, yang juga bertugas sebagai Instruktur Daerah (Inda) Kelas A, sedangkan Inda Kelas B adalah Faisal Luthfi Arief, SST, staf Fungsi Statistik Sosial. Penerapan protokol kesehatan tetap diberlakukan dan ini tidak mengurangi semangat peserta dalam mengikuti pelatihan pada hari ini.

                Sakernas merupakan survei yang secara umum  bertujuan untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator lainnya serta perkembangannya di tingkat nasional, propinsi dan kab/ kota lain. Di masa pandemi Covid-19 ini, Sakernas Agustus ini juga bertujuan untuk mengumpulkan informasi terkait dampak covid-19 terhadap ketenagakerjaan. Terdapat banyak perubahan dalam Kuesioner Agustus 2021 dibandingkan Februari 2021. Ada beberapa penambahan di beberapa rincian pertanyaan, di sisi lain ada juga pengurangan pertanyaan. Selain itu, terdapat juga penyempurnaan pada pertanyaan Program Kartu Prakerja.

Dengan adanya pelatihan ini, petugas diharapkan dapat melaksanakan pendataan Sakernas Agustus 2021 sesuai SOP dan tepat waktu. Selain itu, petugas juga diharapkan mampu melakukan wawancara dengan baik dan menggali informasi lebih detail dari responden sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner yang telah dipelajari dalam pelatihan. Herhardana, S.Si,  juga berpesan kepada seluruh petugas untuk selalu berhati-hati, menjaga kesehatan dan keselamatan, tetap menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan lapangan.

Alhamdulillah, pelaksanaan Pelatihan Petugas Sakernas Agustus 2021 yang diselenggarakan BPS Kabupaten Rembang dengan pembelajaran E-Learning melalui virtual zoom meeting berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala berarti. Dan semoga nantinya dalam kegiatan pendataan dan wawancara dengan responden juga diberikan kemudahan. kesehatan dan perlindungan Allah SWT. Aamiin.

Mari selalu menjaga Protokol Kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak aman dan rajin membersihkan tangan dengan sabun/handsanitizer. Semoga selalu Sehat dan tetap Semangat. (FLA).

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik