Pelatihan Petugas Pendataan Potensi Desa (PODES) 2018 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

Pelatihan Petugas Pendataan Potensi Desa (PODES) 2018

Pelatihan Petugas Pendataan Potensi Desa (PODES) 2018

11 April 2018 | Kegiatan Statistik


Potensi Desa (PODES) sebagai satu-satunya basis data kewilayahan sampai dengan tingkat desa/kelurahan. PODES 2018 mampu menjadi ujung tombak pembangunan desa/kelurahan yang dapat diandalkan di seluruh Indonesia. Oleh karena itu mari kita dukung dan sukseskan Pendataan Potensi Desa (PODES) 2018, dengan data berkualitas kita bangun Indonesia!.

Pelaksanaan PODES 2018 serentak akan dilaksanakan pada bulan Mei 2018 dengan melibatkan petugas pegawai BPS dan mitra statistik. Meskipun kegiatan ini bernama potensi desa namun tidak hanya mendata di seluruh wilayah desa/kelurahan saja, namun juga mendata di seluruh kecamatan, dan seluruh kabupaten/kota. Responden dalam kegiatan ini adalah Kepala Desa/Lurah, Camat, dan Sekretaris Daerah. Diharapkan para responden dapat memberikan jawaban secara benar mengingat pentingnya data yang akan dihasilkan bagi pembangunan.

Data yang dihasilkan dari PODES sebagai bahan penyusunan statistik wilayah kecil, penyusunan berbagai analisis dan kebijakan terkait kewilayahan, dan sebagai penghitungan indikator-indikator pembangunan/kemajuan desa seperti penghitungan Indeks Kesulitan Geografis (IKG). Selain itu, PODES 2018 juga dapat digunakan untuk mengevaluasi pembangunan desa dan dana desa yang telah dikucurkan. Dengan PODES 2018, data terkini mengenai desa/kelurahan dapat diperoleh dengan lengkap hingga ke seluruh pelosok negeri.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan PODES 2018, maka dilakukan pelatihan petugas. Pelatihan petugas merupakan salah satu tahapan persiapan yang strategis dalam setiap survei maupun sensus. Dalam tahapan ini berlangsung proses transformasi pengetahuan dan pembentukan keterampilan seorang petugas yang nantinya akan terjun langsung di lapangan. Dari pelatihan ini hasil yang diharapkan nantinya petugas mampu melaksanakan pendataan dengan benar dan lengkap sesuai dengan konsep definisi yang telah diajarkan dan jadwal yang harus dipatuhi.

Pelatihan Petugas PODES 2018 diselenggarakan BPS Provinsi Jawa Tengah di 9 (sembilan) Training Centre (TC). Salah satunya TC. Griptha Kudus, yang diselenggarakan di Hotel Griptha Kudus. Pelatihan dilaksanakan dalam 2 (dua) gelombang. Gelombang I tanggal 9-12 April 2018 dengan dengan total peserta sebanyak 105 orang berasal dari kabupaten Rembang, Pati, Blora, Kudus dan Jepara. Gelombang II tanggal 13-16 April 2018. Untuk Kabupaten Rembang jumlah petugas sebanyak 64 orang. Gelombang I dan II masing-masing sebanyak 32 orang. Pelatihan dibuka  secara resmi oleh Kepala BPS Kabupaten Kudus, Sapto Harjuli Wahyu, S.Si di gelombang I, sedangkan di gelombang II dijadwalkan akan dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Rembang, Amirudin, S.Si, MMSI. Pelatihan  dipandu oleh 4 orang Instruktur Nasional (Innas).

          Semoga Pelatihan Petugas PODES 2018 ini berjalan dengan lancar. Petugas dapat menerima materi dari instruktur dan benar-benar dapat diaplikasikan di lapangan, bagaimana melakukan wawancara langsung maupun menggali informasi/keterangan (probing) dengan responden. Semuanya harus memenuhi Standard Operating Procedure (SOP) yang telah diberikan oleh instruktur. (SR)

 

Mari kita sukseskan PODES 2018!!!

Dengan data berkualitas kita bangun Indonesia

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik