BPS Kabupaten Rembang Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan 'Munggahan' - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang

Pada tahun 2024 jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rembang sebesar 91,45 ribu atau 14,02 persen.

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rembang, Jl. Pemuda Km.1 Rembang pada hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Saat ini Publikasi Kabupaten Rembang Dalam Angka 2024 sudah tersedia dan dapat diakses disini.

BPS Kabupaten Rembang Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan 'Munggahan'

BPS Kabupaten Rembang Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan 'Munggahan'

17 Mei 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini, keluarga besar BPS Kabupaten Rembang mengadakan acara ‘Munggahan’. Acara dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Mei 2018 (bertepatan hari terakhir bulan ruwah/sya’ban), di Aula BPS Kabupaten Rembang yang diikuti seluruh pegawai BPS Kabupaten Rembang.

Acara Munggahan ini baru pertama kali diadakan BPS Kabupaten Rembang dan berharap di tahun-tahun berikutnya akan menjadi ‘tradisi tahunan’ dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

 Istilah ‘Munggahan’ ini sebenarnya istilah orang jawa yang berasal dari kata ‘munggah’ yang artinya naik. Dengan datangnya bulan suci Ramadhan ini diharapkan umat islam yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan dapat ‘munggah derajate’ atau naik derajatnya. Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang luar biasa dibandingkan bulan-bulan lainnya. Semua amalan di bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya bagi yang menjalankannya. Maka sepatutnyalah kita umat muslim mempersiapkan diri dalam menghadapi bulan penuh berkah dan maghfiroh ini.

Sambutan Kepala BPS Kabupaten, Amirudin, S.Si, MMSI mengawali acara Munggahan ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa acara Munggahan ini lain dan tidak lain bertujuan untuk menjalin kebersamaan, mempererat tali silaturahim, saling memaafkan, saling menghargai dan menghormati satu sama lain dalam suasana kekeluargaan di BPS Kabupaten Rembang. Harapannya semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan khusu’, dapat meningkatkan iman dan takwa yang semuanya dilakukan semata-mata hanya untuk mengharapkan amal ibadah, ridho dan berkah dari Allah SWT. ‘Munggahan’ ini sebagai langkah awal untuk mengawali, mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan.

Selepas sambutan Kepala BPS Kabupaten Rembang, acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Sdr. Sukaryo (Staf seksi IPDS), yang dalam ceramahnya menyampaikan tentang makna dan hakikat puasa.

Acara Munggahan ini diakhiri dengan makan bersama dan dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan antar sesama pegawai dalam suasana kekeluargaan. (SR)

 

 

MARHABAN YAA RAMADHAN

Segenap Pimpinan dan Seluruh Pegawai BPS Kabupaten Rembang mengucapkan

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1439 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Kabupaten RembangJl. Pemuda Km. 1

Rembang - Jawa Tengah

Indonesia

59218

Telp/fax. (0295) 691040

Email : bps3317@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik